Cara Kuliah Teknik Sipil Sambil Kerja

Posted by Taufick Max Rabu, 23 Januari 2013 0 komentar
Share on :

Cara Kuliah Teknik Sipil Sambil Kerja

Kerja Sambil Kuliah Teknik Sipil
Biasanya dalam proses perkualiahan sebagai mahasiswa, biaya kebutuhan hidup bisa menjadi sebuah masalah bagi Mahasiswa Teknik Sipil, hal ini dikarenakan kebanyakan biaya kuliah dan biaya Hidup masih bersumber dari orang tua. sementara sebagai seorang Mahasiswa Teknik Sipil seharusnya bagimana bisa belajar mandiri untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya selama proses perkuliahan. sehingga bekerja sambil Kuliah di Jurusan Teknik Sipil adalah langkah terbaik. namun tentu kita harus bisa mengimbangi anatara Kuliah dan Kerja apa yang tepat untuk kita sebagai Mahasiswa Teknik Sipil

Cara Pembagian Waktu antara Kuliah Teknik Sipil dan Kerja

Untuk Kuliah sambil bekerja tentu bukan meruapakan hal yang mudah namun tidak juga menjadi hal yang terlalu Sulit. kalau kita tau cara membagi waktu antara Belajar mata Kuliah yang kita pelajari dan Kerja. Apalagi kerja tersebut bisa berhubungan dengan Kulih Teknik Sipil Kita. Untuk itu langkah-langkah Untuk Kuliah sambil Kerja yaitu :

- Buat Jadwal Pembelajaran Teknik Sipil

Kuliah Teknik Sipil
Seperti telah dibahas pada Tulisan sebelumnya tentang Bagaimana Mengatur Jadwal Pembelajaran Teknik Sipil, bahwa kadang kita tidak bisa menggunakan waktu yang kita miliki secara Bijak alias banyak waktu terbuang sia-sia. untuk itu jika kita mau Kuliah sambil Kerja maka tentu saja kita harus mencari Kerja yang bisa dijadikan sebagai Usahan sampingan yang mudah kita kerjakan. walaupun mudah, namun jika manajemen waktu yang kita atur lemah, maka itu akan berpengaruh pada Mata proses perkuliahan kita. maka sebaiknya kita harus mengatur waktu Pembelajaran kita. untuk mengetahui bagimana mengatur waktu pembelajaran kita silahkan baca pada Tulisan tentang BELAJAR ILMU TEKNIK SIPIL.

- Atur waktu luang untuk Kerja Teknik Sipil

Jika kita sudah mempelajari cara Belajar Teknik Sipil dan sudah membuat jadwal, maka selanjutnya kita menjadwalkan Waktu kerja sesuai waktu luang yang kita miliki dengan berpatokan pada Jadwal Pembelajaran Teknik Sipil yang kita buat. untuk itu Carilah Jenis pekerjaan yang sesuai dengan waktu luang anda. karena ingat Kuliah Teknik Sipil merupakan Faktor utama, sementara Pekerjaan disini hanyalah Usaha sampingan untuk membantu memenuhi kebutuhan kita, sekaligus meringkan biaya orang tua.

Kerja atau Usaha sampingan yang cocok buat Mahasiswa Teknik Sipil

- Jasa pengetikan

Jika anda memiliki Komputer atau Laptop maka anda bisa memanfaatkannya dengan Menerima Jasa Pengetikan. Jasa Pengetikan tersebut kita kerjakan dirumah. untuk itu maka kita menerima jasa pengetikan dari orang yang mau pekerjaan itu kita kerjakan dirumah namun tentu dengan batasan waktu. kita bisa menerima Pengetikan Tugas Makalah, Skripsi, dan lain sebagainya namun dengan jumlah halaman bisa lebih dari 5 lembar.

Caranya adalah kita membuat Brosur Jasa Pengetikan tersebut dan sebarkan disetiap Fakultas dikampus kita. Jika ada yang berminat maka nantinya anda akan dihubungi. Maka dari Brosur yang kita buat harus jelas dan meyakinkan bahwa kita profesional dalam hal Jasa Pengetikan.

- Jasa pembuatan Tugas Makalah

Usaha ini jika bisa menjadi Alternatif untuk menambah uang saku kita, dimana kita memanfaatkan Teman-teman Mahasiswa lain yang tidak memiliki waktu dalam membuat Tugas Makalahnya. untuk menerima Jasa Pembuatan Makalah, maka kita  tentu harus memiliki banyak referensi karena Bukan Makalah Teknik Sipil saja yang kita buat namun Makalah dari Semua jurusan.anda bisa mematok harga berdasarkan Jumlah halaman dari Makalah tersebut. yang perlu disiapkan adalah Komputer/Laptop dan Modem untuk jaringan Internet. fungsi jaringan Internet adalah anda bisa mencari referensi pembuatan Makalah jika anda tidak memiliki Buku terkait dengan Makalah yang dipesan. langkah selanjutnya yaitu sama halnya dengan Jasa pengetikan diatas yaitu membuat Brosur dan sebarkan disetiap Jurusan. Potensi Penghasilannya Jika 1 Makalah dipatok dengan harga Rp.15.000-25.000; maka target dalam satu bulan yaitu minimal 20 Makalah jadi petensi penghasilan Minimal yaitu Rp. 500,000.

Uang yang didapatkan memang tidak seberapa namun setidaknya bisa meringkan kebutuhan kita. dan yang terpenting adalah kita akan memiliki pengetahuan yang bertambah dari semua Bidang.

- Jasa Gambar Bangunan

Sebagai Anak Teknik Sipil, menggambar adalah bagian dari pekerjaannya. untuk itu, kita bisa memnfaatkan pengetahuan itu untuk menambah penghasilan. namun untuk menggambar bangunan maka kita harus mengetahui cara pemakaian Software Gambar bangunan tersebut. setelah itu pengetahuan tentang tata Lotak Ruang,Pencahayaan, dan hal-hal yang berhubungan dengan Gambar bangunan secara teknis harus kita pahami. Cara untuk mendapatkan Orderan gambar Rumah yaitu bisa dengan cara membuat Brosur dan sebarkan disetiap wilayah sekitar yang bisa dijangkau. selain itu kita bisa menerima Jasa gambar banguan secara online. Harga yang kita patok tentu harus lebih murah agar kita lebih cepat menerima Orderan gambar bangunan. bisa Rp.20.000/m3 sampai Rp.100.000/m3. jika dalam satu bulan anda mendapatkan 1 Orderan saja. maka sudah lumayan untuk meringankan biaya Kuliah dan biaya hidup kita.

- Penulis artikel/opini di Media Cetak.

Untuk Jenis Pekerjaan ini sepertinya tidak terlalu sulit jika anda memiliki kebiasaan untuk menulis. biasanya Pada Surat Kabar Harian ataupun Majalah ada halaman khusus yang disediakan oleh penerbit untuk kita mengeksplorasi gagasan kita dalam bentuk artikel atau Opini. nah kabar baiknya adalah Setiap Artikel/opini yang kita buat dan dimuat di Media cetak tersebut, maka para penerbit akan memberikan Honor buat tulisan kita tersebut. dan honor itu bervariasi antara Rp.150.000 sampai Rp.1000.000; tergantung Media cetaknya. jika berskala Lokal maka biasanya hanya berkisar antara 150-500 Ribu Rupiah. jika skala nasional maka bisa sampai 1 juta rupiah/Tulisan. karena banyaknya tulisan yang dikirimkan ke Tim editor maka kualitas dari tulisan tersebut harus kita perhatikan.

Jika anda memfokuskan diri dalam penulisan dimedia cetak ini dan minimal tulisan anda dibuat dalam waktu 1 bulan sebanyak 10 Tulisan maka Pendapatan anda Minimal 1.5 juta/bulan. banyaknya kata dalam tulisan sangat tergantung pada Media Cetak. biasanya sekitar 350-500 Kata/Tulisan.

- Guru Kursus Privat Software Teknik Sipil

Jika anda menguasai salah satu Software atau seluruh software yang digunakan dalam Teknik Sipil, maka anda juga bisa menerima Kursus dari Mahasiswa Teknik Sipil yang lain. Misalnya anda menguasai Pemakaian Software Sap2000, maka manfaatkan pengatahuan itu untuk Jasa Kursus Sap2000. anda bisa mematok harga dari 500-1 Juta rupiah/bulan untuk setiap orangnya. atau Paket/5 atau 10 orang setiap bulannya. jika anda bisa mengelolah dengan baik, maka kebutuhan biaya hidup dan kuliah anda bisa lebih ringan.

- Tenaga Drafter Freelance

Selain Pekerjaan diatas, maka jenis pekerjaan yang bisa anda manfaatkan sebagai mahasiswa Teknik Sipil yaitu bekerja sebagai tenaga Drafter Freelance. baik pada perusahan tertentu ataupun kepada siapa saja yang membutuhkan jasa Tenaga Drafter. namun untuk jenis pekerjaan ini tentu saja kita dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang Teknik Sipil. diantaranya Memakai Software Gambar, melakukan Perhitungan dengan Sap2000, Etabs, Excel. dan lain sebagainya. langkah-langkah yang harus dilakukan untuk Pekerjaan Drafter ini yaitu membuat sebuah Proposal Penawaran kerja sama dan memasukannya disetiap Perusahan yang berhubungan dengan Perusahan Jasa konstruksi. Cara lainnya yaitu anda bisa membuat sebuah website dan menerima Pekerjaan Drafter tersebut melalui Website atau Blog yang anda buat tersebut.

Demikianlah Tulisan tentang Cara Kuliah Teknik Sipil sambil Kerja. Semoga kita sebagai mahasiswa Teknik sipil bisa mandiri dan sukses dalam menyelesaikan kuliah. jika kita punya pengalaman bekerja semasa menjadi mahasiswa maka kitapun tidak takut untuk mencari pekerjaan setelah selesai kuliah. dan bahkan mungkin kita tidak perlu untuk mencari lowongan kerja teknik sipil namun kita sendiri yang menciptakan Lowongan pekerjan buat orang lain. mungkin itu dari saya dan Jika teman-teman punya cara-cara yang lain mungkin bisa disharingkan melalui kolom kementar dibawah ini. Terima kasih.

 

Anda Juga Bisa Membaca Artikel Lain Tentang Teknik Sipil :

Syarat Perancangan Beton Menurut SNI
Cara Mendapatkan Buku Teknik Sipil gratis
Cara Belajar Ilmu Teknik Sipil  
Mengenal Jurusan Teknik Sipil


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Kuliah Teknik Sipil Sambil Kerja
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.co.id/2013/01/cara-kuliah-teknik-sipil-sambil-kerja.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer