Pengetahuan Umum Irigasi

Posted by Taufick Max Minggu, 10 Februari 2013 0 komentar
Share on :

Pengetahuan Umum Irigasi

Tujuan Pengairan

Sistem irigasi
Maksud tujuan pengairan ialah mengalirkan air dengan menggunakan berbagai cara dan akal untuk kepentingan bercocok tanam, membegi-begikan pada beberapa daerah persawahan atau ladang dengan secara teratur, kemudian dibuang melalui saluran-saluran pembuang atau sungai-sungai dengan teratur pula setelah dipergunakan .Sedangkan tujuan pengairan tergantung daripada kebutuhan akan air untuk apa pengairan itu diselenggarakan.

Ada bemacam-macam tujuan penyelenggaraan pengairan di antaranya ialah untuk:

Pengairan/Irigasi
- Membasahi tanah karena di daerah itu turunnya hujan kurang atau tidak teratur.
- Menambah  kekurangan pupuk tanah.
- Menaikkan permukaan tanah atau rawa-rawa.
- Menaikkan air tanah.
- Mengatur suhu tanah.

Sumber Air

Guna keperluan pertanian dibutuhkan banyak sekali air terutama untuk tanaman padi meskipun padi bukan termasuk tanaman air, namun selama tumbuhnya tanaman padi banyak sekali memerlukan air.

Sungai

Pengambilan air dari sungai guna keperluan pertanian pada umunya lebih baik, karena air sungai lebih banyak mengandung lumpur yang berguna bagi hidupnya tanaman, kecuali untuk keperluan pengairan air sungai dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain misalnya untuk membangkit tenaga listrik,industri,perikanan,keperluan sehari-hari.

Danau

Danau merupakan kekayaan alam juga yang airnya dapat dimanfaatkan guna keperluan pengairan hanya saja karena air danau tidak dapat dipakai untuk menambah adanya pupuk tanah.Kecuali untuk pertanian danau juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan perikanan,peristiwa dan lain-lain.

Waduk

Waduk merupakan sumber air guna keperluan pengairan waduk dibuat oleh manusia dan airnya di ambil dari sungai di kanan irinya, kecuali untuk keperluan pengairan waduk juga untuk digunakan sebagai pembangkit listrik,perikanan,pariwisata dan pengadilan banjir.Waduk merupakan suatu tandon air dengan permukaan yang lebih tinggi (menaikkan permukaan air).

Sumur

Sumur merupakan sumber air bilamana pengairan sungai tidak ada ,cara mengambil air di sumur tersebut dengan timba atau dengan pompa.

Hujan

Air yang diperoleh dari bermacam-macam sumber tersebut sebenarnya semuanya berasal dari satu sumber yakni ait hujan, di mana air hujan meresap ke dalam tanah dan terjadi mata air , mata air dapat menimbulkan terjadinya danau maupun sungai.Adanya hujan sangat diprngaruhi oleh adanya iklim dan musim.
Sumber Air Irigasi

Anda Juga Bisa Membaca Artikel Lain Tentang Teknik Sipil :

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengetahuan Umum Irigasi
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.co.id/2013/02/pengetahuan-umum-irigasi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

Materi Populer