Paket Lelang Pengadaan Barang dan Jasa

Posted by Taufick Max Rabu, 22 Mei 2013 0 komentar
Share on :

Paket Lelang Pengadaan Barang dan Jasa

PAket Lelang Barang dan Jasa, Informasi Lelang Indonesia, Pengumuman Paket lelang barang dan Jasa
Paket Lelang Pengadaan Barang dan Jasa- Paket lelang atau RFP adalah paket yang terdiri dari beberapa dokumen yang dikirimkan kepada peserta lelang yang telah lulus prakualifikasi. Paket ini amat penting fungsinya dalam rangka memilih dan mendapatkan perusahaan yang dianggap mampu untuk diserahi tanggung jawab untuk melaksanakan implementasi fisik proyek. Dalam paket tersebut, informasi dan data digali oleh pemilik dari peserta, yang artinya dipakai sebagai dasar evaluasi.

Setelah negosiasi akhir selesai, dokumen ditarik dan ditinggal ditandatangani menjadi dokumen kontrak asli. Beberapa penjelasan mengenai komponen dokumen diatas adalah  sebagai berikut.

A.  Undangan dan petunjuk lelang

Pada dokumen ini, pemilik mengundang para peserta yang telah lulus prakualifikasi untuk ikut lelang. Di samping itu, juga membuat petunjuk dan keterangan tentang hal-hal berikut ini.

•    Latar belakang proyek.
•    Rapat klarifikasi (prebid meeting) dan kunjungan ke lokasi.
•    Kriteria seleksi atau kualifikasi untuk menentukan pemenang.
•    Jaminan lelang.

Berapa penjelasan lebih lanjut adalah sebagai berikut.

Latar Belakang Proyek Uraian yang singkat memuat pokok-pokok maksud dan tujuan serta lingkup proyek. Disinggung pula mengenai lokasi dan jadwal dimulainya pekerjaan. Keterangan tersebut dimaksudkan agar peserta lelang mengetahui supstansi kegiatan nyang diharapkan darinya.

Rapat Klarifikasi  Beberapa hari setelah pesera menerima paker lelang, yang dianggap cukup waktu untuk mempelajarinya, maka diadakan acara kunjungan ke lokasi dan areal sekitarnya. Pada pralifikasi, pesera berkesempatan menanyakan segala sesuatu yang berhubungan dengan paket lelang.

Kriteria Seleksi Dalam petunjuk lelang dicantumkan penjelasan mengenai kriteria kualifikasi atau seleksi. Hal ini dimaksudkan agar para peserta mengetehui permasalahan yang akan disorot, dan metode yang hendak digunakan, sehingga mereka mempersiapkan diri untuk maksud tersebut.

B. Format proposal

Dokumen ini dipersiapkan oleh pemilik berisi berbagai pernyataan dan permintaan informasi yang disusun dalam suatu format dan harus diselesaikan atau dijawab oleh peserta lelang. Format proposal sedemikian rupa, sehingga informasi dan data jawaban yang diberikan oleh peserta (bila ia menjadi pemenang) dapat langsung dipindahkan kedalam kontrak. 

Butir butir yang dicantumkan  dalam proposal, dapat dikelompokan menjadi aspek finansial atau komersial, teknik , dan manajemen. Dalam menyusun format, pemilik hendaknya memperhatikan struktur dan materi pertanyaan sehingga mencerminkan strategi dan jenis kontrak yang diinginkan, yang berkaitan dengan masalah masalah diatas. 

Di sini letak pentingnya fungsi format proposal dalam dokumen, yaitu memilih pertanyaan pertanyaan yang dapat “menuntut” peserta memberikan jawaban dan keterangan yang mudah dievaluasi, dibandingkan dengan pesrta lain, dan diambil kesimpulan.

C.  Finansial dan Komersial

Pada format finansial dan komersial terdapat halaman halaman yang disediakan untuk diisi oleh peserta lelang, lengkap dengan lampiran lampiran yang harus menyertainya. Untuk jenis kontrak dengan harga tetap, antara lain meliputi sebagai berikut.

•    Jumlah pengajuan harga.
•    Harga satuan (unit date) yang diperlukan bila ada penambahan atau pengurangan pekerjaan
•    Biaya komputer dan reproduksi .
•    Tanda jaminan dan asuransi.

Kemungkinan adanya tanggapan, sasar, dan pengecualian (exception) terdapat rancangan kontrak, juga di tampung dalam bagian ini.

D.  Teknik dan Manajemen


Aspek teknik dan manajemen terdiri dan teknis lingkup proyek dan dan aspek manajemen. Teknis lingkup proyek adalah kegiatan yang berhubungan dengan teknologi yang akan di pakai, alternatif skema proses yang diusulkan, dan lain lain. Adapun aspek manajemen meliputi segala sesuatau yang berkaitan dengan latar belakang pengalaman dan kemampuan peserta, pendekatan yang akan dipakai dalam implementasi, seperti metodologi, program perencanaan dan pengendalian, organisasi yang akan menangani, personil yang menduduki posisi kunci, dan lain lain.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Paket Lelang Pengadaan Barang dan Jasa
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.co.id/2013/05/paket-lelang-pengadaan-barang-dan-jasa.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer