Pengertian Tender Proyek Konstruksi

Posted by Taufick Max Selasa, 14 Mei 2013 0 komentar
Share on :


Pengertian Tender dalam Proyek Konstruksi

Tender Proyek Konstruksi

Pengertian Tender dalam Proyek Konstruksi- Seperti yang kita ketahui bahwa untuk mengadakan atau membangun sesuatu dan membutuhkan barang dan jasa maka dalam proses pemiliha jasa mana yang akan dipakai maka harus melaui tender. haraannya yaitu dengan melakukan tender maka didapatkan tawaran dengan harga yang murah dan wajar. untuk itu saat ini banyak perusaha yang bergerak dibidang jasa konstruksi baik itu konsultan maupun Kontraktor mengikuti tender yang lakukan oleh perusahan ataupun pemerintah sebagai pemiliki proyek.

Maka jadi pertanyaan adalah apa sebenarnya yang dimaksud dengan tender ? berdasarkan pada kamus bahasa Idonesia Tender memiliki arti sebagai tawaran untuk mngajukan harga, meorong pekerjaan, atau penyediaan barang dan jasa.

Sebelum tender dilaksanakan, lagkah pertama yang akan dilakukan pengguna adalah membuat rencana dan anggarannya terlebih dahul. tujuannya adalah agar mendapatkan gambaran bentuk maupun besarnya biaya barang dan jasa yang diperlukan sehingga tidak akan mengecewakan dikemudian hari.

Rencana merupakan kumpula mengenai perencanaan barang dan jasa yang dibutuhkan secara lengkpa, baik berbentuk gambar tulisan, sampai pada tata cara pelaksanaannya, termasuk volume yang akan dilaksanakan. Sedangkan, Rencana Anggaran Biaya merupakan kumpulan perhitungan biaya seluruhnya yang diperlukan secara teliti dan terperinci untuk mewujudkan perencanaan tersebut.

Pengadaan barang dan jasa yang akan ditenderkan dibagi dalam beberapa golongan, yaitu :


Pengadaan barang

Barang yang dibutuhkan oleh pengguna biasanya bersifat bahan baku, barang setengah jadi, atau barang jadi. Contohnya, pengadaan kendaraan dinas, Pengadaan keperluan kantor, pengadaan seragam pegawai atau mahasiswa, pengadaan alat kesehatan, dan sebagainya.

Pengadaan Jasa Konsultasi

Pengadaan jasa ini berhubungan dengan keahlian seseorang yang mencakup jasa konsultasi Konstruksi (Perencana atau pengawasan), misalnya arsitek, serta jasa konsultasi non- konstruksi (Pelayanan jasa keahlian lainnya diluar perencanaan atau pengawasan). misalnya jasa kesehatan, pendidikn dan lain sebagainya.

Tender Proyek 


Pengadaan Jasa Pemborong

Pengadaan jasa ini berhubungan dengan barang-barang yang tidak bergerak, contohnya pembangunan perumahan, gedung, jembatan,perbaikan jalan raya, penggalian kabel, dan sebagainya.

Pengadaan Jasa lainnya

Ternyata pengadaan jasa yang ditenderkan bukan hanya pengadaan jasa konsultasi saja namun, ada juga jasa lainnya yang bisa ditenderkan, misalnya, service Komputer, Periklanan, Percetakan dan penjilidan, cleaning service, Asuransi, SPG, dan sebagainya.

Dalam penyelenggaraan pengadaan barang dan jasa, ada beberapa pihak yang terlibat didalamnya dan saling berhubungan. yaitu :

Pengguna Jasa atau Owner

Adalah seseorang atau badan hukum atau pemerintah yang mempunyai pekerjaan atau yang membutuhkan pengadaan barang dan jasa, serta menyediakan semua biaya yang diperlukan

Tender Proyek Konstruksi


Perancang atau Arsitek

Yaitu seseorang atau badan hukum atau pemerintah yang pekerjaannya serta usahanya membuat perencanaan secara teknis atas permintaan pengguna. biasanya tenaga perancang digunakan untuk proyek bangunan dengan perancang yang telah ditunjuk oleh pengguna melalui tender.

Kontraktor atau Konsultan

adalah seseorang atau badan hukum yang pekerjaannya serta usahanya mewujudkan barang atau melaksanakan pekerjaan atau melayani jasa berdasarkan permintaan pengguna, sesuai kontrak yang telah ditetapkan dalam tender. Misalnya sebagai Konsultan Manajemen Proyek Konstruksi dll.

Anda Bisa Membaca Artikel lain tentang Manajemen Proyek  dibawah ini. Jika anda suka mohon Like dan di Bagikan ke teman-teman  yang lain. Terima Kasih

  1. Apa Itu Dinding Diaphragma ?
  2. Apa Itu King Post ?
  3. Apa Itu Lumpur Bentonite ?
  4. Cara Pembuatan Basement
  5. Faktor Keruntuhan Dinding Galian Tanah
  6. Fungsi Manajemen dalam perusahan Konstruksi - New !!
  7. Kemampuan Manajemen Dalam Perusahan - New !!
  8. MANAJEMEN PROYEK : Total Quality Control
  9. Manajemen Penjadwalan dan Pengendalian biaya dalam proyek KonstruksiNew !!
  10. Metode Konstruksi : Retaining Wall
  11. PT. Hutama Karya pada Proyek Jalan Tol
  12. PT.Waskita Karya Pelaksana Proyek Tol Bali
  13. Pengenalan Form Work pada Proyek Konstruksi
  14. Pengenalan Jumping Form
  15. Pengenalan Proyek Konstruksi - New !!
  16. Pengenalan Slip Form
  17. Pengertian atau Defenisi Manajemen - New !!
  18. Penggunaan Form Work Khusus
  19. Perhitungan Kekuatan Untuk Form Work
  20. Pola Kerja Dinding Diaphragma
  21. Proyek Underpass Simpang Dewa Ruci Bali.
  22. Quality Control Pekerjaan Jalan
  23. Sistem Pembangunan Konvensional/Down-up
  24. Sistem Pembangunan Modern/ Top And Down
  25. Strategi Manajemen dalam Perusahan Konstruksi - New !!
  26. Teknologi Form Work
  27. Tingkatan Manajemen dalam Perusahan - New !!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengertian Tender Proyek Konstruksi
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-tender-proyek-konstruksi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer