Penggunaan Pondasi Barrette Pile

Posted by Taufick Max Jumat, 17 Mei 2013 0 komentar
Share on :

Penggunaan Pondasi Barrette Pile


Penggunaan Pondasi Barrette Pile-Tidak mungkin kita membahas bangunan bertingkat banyak tanpa juga membahas permasalahan pondasinya. Sampai saat ini pilihan pondasi untuk gedung tinggi masih dipegang oleh Pondasi tiang Bore Pile. diameternya sampai saat ini sudah ada yang membuatnya sampai lebih dari 1,5 meter. 

Pondasi Barrette Pile, Sistem Pondasi Untuk Bangunan Tinggi


Diameter bore pile yang sedemikian besarnya akan membuat pondasi tipe ini mempunyai daya dukung yang besar (End Bearing). Semakin tinggi tingkat gedung yang akan dibangun tentu akan semakin besar diameter Bore Pile yang diperlukan. Bila memakai diameter yang kecil, tentu akan banyak membutuhkan bore pile.

Memang ada pilihan lain yang lebih baik untuk jenis pondasi gedung pencakar langit yang akan dibangun. Jenis pondasi tersebut adalah Barrette Pile. Bentuknya empat persegi panjang, misalnya 1,0 m X 2,0 m atau lebih dari ukuran tersebut. semakin besar ukurannya maka daya dukungnya akan semakin bertambah besar. ini tentunya dapat menyebabkan biaya pembuatan pondasi jenis ini semakin ekonomis, terutama untuk beban total kolom yang harus ditampung relatif besar. 

Tiang Pondasi Barrette Pile, Barrete Pile Construction


Kekurangan atau kelebihannya relatif sama dengan dinding diaphragma. Selain itu, Pondasi Barrette Pile sulit dilakukan Uji pembebanan (loading Test) karena bentuknya yang sedemikian besar. tidak ada alat loding yang dapat melakukan penetrasi terhadap Pile jenis Barrette. Sayangnya pondasi jenis ini belum pernah dilaksanakan di  Indonesia. Namun demikian, harapan untuk dilaksanakan di Indonesia pasti ada ditahuntahun mendatang. Designer Struktur negeri ini lebih senang memakai pondasi tiang bor untuk bangunan bertingkat banyak, walaupun masih ada juga yang memakai jenis pondasi tiang pancang.

Berbicara mengenai keuntungan pilihan jenis pondasi maka jenis pondasi yang ideal adalah pondasi Jenis Bore. selain memang sudah terbiasa, faktor pelaksanaan pondasi ini juga tidak banyak menemui kesulitan.

Anda Bisa Membaca Artikel lain tentang Manajemen Proyek  dibawah ini. Jika anda suka mohon Like dan di Bagikan ke teman-teman  yang lain. Terima Kasih
 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Penggunaan Pondasi Barrette Pile
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.co.id/2013/05/penggunaan-pondasi-barrette-pile.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer