Defenisi Jaringan Transportasi

Posted by Taufick Max Jumat, 07 Juni 2013 0 komentar
Share on :

Definisi Jaringan Transportasi

Jaringan Transportasi adalah serangkaian simpul dan atau ruang kegiatan/ kawasan yng dihubungkan oleh ruang lalu lintas sehingga membentuk suatu kesatuan untuk keperluan penyelenggaraan transportasi.

Jaringan pelayanan transportasi adalah susunan rute-rute pelayanan transportasi yang membentuk satu kesatuan hubungan.

Jaringan prasarana transportasi adalah serangkaian simpul yang dihubungkan oleh ruang lalu lintas sehingga membentuk satu kesatuan.

Jaringan transportasi dapat dibentuk oleh moda transportasi yang terlibat yang salaing berhubungan yang rangkai dalam Sistem Transportasi Nasional (Sistranas). Masing-masing moda transportasi memiliki karakteristik teknis yang berbeda dan pemanfaatannya disesuaikan dengan kondisi geografis daerah layanan.

Jaringan transportasi adalah jaringan prasarana trasnportasi (lintasan jalan, lintasan penyeberangan, lintasan transportasi laut, lintasan rel) dan simpul sarana transportasi (terminal, pelabuhan, bandara). Dalam hal ini akan dibahas mengenai system transportasi darat, sistem jaringan (prasarana) meliputi jalan dan terminal.

Jaringan jalan merupakan suatu kesatuan jalan yang mengikat dan menghubungkan pusat-pusat pertumbuhan dengan wilayah yang berada dalam pengaruh pelayanannya dalam suatu hubungan hirarki. System jaringan jalan dengan peranan pelayanan, jasa distribusi untuk pengembangan semua wilayah ditingkat nasional dengan simpul jasa distribusi disebut jaringan jalan primer, dan system jaringan jalan dengan pelayanan jasa distribusi untuk masyarakat di dalam kota membentuk system jaringan jalan sekunde

Contoh Jaringan Transportasi Trans Eropa

Jaringan Transportasi Trans-Eropa (bahasa Inggris: Trans-European Transport Networks, disingkat TEN-T) adalah perencanaan jalur darat, kereta api, udara dan air yang melewati seluruh benua Eropa. Jaringan TEN-T adalah bagian dari sistem Jaringan Trans-Eropa (TENs) yang lebih luas.



TEN-T mulai diadopsi pada 23 Juli 1996.


Baca Artikel Tentang Transportasi Lainnya disini :
  1. 10 Rel Kereta Api Terindah di Dunia
  2. Alat Transportasi
  3. Alat Transportasi : Angkutan Individu
  4. Alat Transportasi Darat
  5. Ilmu Ekonomi Transportasi
  6. Industri Kereta Api Transportasi Indonesia
  7. Masalah Transportasi di Indonesia
  8. Teknologi dan Manajemen Transportasi
  9. Transportasi Ramah Ligkungan
  10. Transportasi Wisata Bali Masa Kini
  11. Bidang Transportasi Umum di Kota
  12. Transportasi Umum di Jakarta
  13. Sejarah Transportasi Udara
  14. Sistem Transportasi Nasional di Indonesia
  15. Perkembangan Sistem Transportasi Di Indonesia
  16. Jasa Moda Transportasi Darat
  17. Sistem Transportasi Darat di Indonesia
  18. Sejarah Transportasi Darat  Di Indonesia
  19. Sekolah Tinggi Transportasi Indonesia
  20. Jenis Jenis Alat Transportasi Laut






TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Defenisi Jaringan Transportasi
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.co.id/2013/06/defenisi-jaringan-transportasi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer