Cara Kuliah Teknik Sipil Sambil Kerja

Posted by Taufick Max Rabu, 23 Januari 2013 0 komentar

Cara Kuliah Teknik Sipil Sambil Kerja

Kerja Sambil Kuliah Teknik Sipil
Biasanya dalam proses perkualiahan sebagai mahasiswa, biaya kebutuhan hidup bisa menjadi sebuah masalah bagi Mahasiswa Teknik Sipil, hal ini dikarenakan kebanyakan biaya kuliah dan biaya Hidup masih bersumber dari orang tua. sementara sebagai seorang Mahasiswa Teknik Sipil seharusnya bagimana bisa belajar mandiri untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya selama proses perkuliahan. sehingga bekerja sambil Kuliah di Jurusan Teknik Sipil adalah langkah terbaik. namun tentu kita harus bisa mengimbangi anatara Kuliah dan Kerja apa yang tepat untuk kita sebagai Mahasiswa Teknik Sipil

Cara Pembagian Waktu antara Kuliah Teknik Sipil dan Kerja

Untuk Kuliah sambil bekerja tentu bukan meruapakan hal yang mudah namun tidak juga menjadi hal yang terlalu Sulit. kalau kita tau cara membagi waktu antara Belajar mata Kuliah yang kita pelajari dan Kerja. Apalagi kerja tersebut bisa berhubungan dengan Kulih Teknik Sipil Kita. Untuk itu langkah-langkah Untuk Kuliah sambil Kerja yaitu :

- Buat Jadwal Pembelajaran Teknik Sipil

Kuliah Teknik Sipil
Seperti telah dibahas pada Tulisan sebelumnya tentang Bagaimana Mengatur Jadwal Pembelajaran Teknik Sipil, bahwa kadang kita tidak bisa menggunakan waktu yang kita miliki secara Bijak alias banyak waktu terbuang sia-sia. untuk itu jika kita mau Kuliah sambil Kerja maka tentu saja kita harus mencari Kerja yang bisa dijadikan sebagai Usahan sampingan yang mudah kita kerjakan. walaupun mudah, namun jika manajemen waktu yang kita atur lemah, maka itu akan berpengaruh pada Mata proses perkuliahan kita. maka sebaiknya kita harus mengatur waktu Pembelajaran kita. untuk mengetahui bagimana mengatur waktu pembelajaran kita silahkan baca pada Tulisan tentang BELAJAR ILMU TEKNIK SIPIL.

- Atur waktu luang untuk Kerja Teknik Sipil

Jika kita sudah mempelajari cara Belajar Teknik Sipil dan sudah membuat jadwal, maka selanjutnya kita menjadwalkan Waktu kerja sesuai waktu luang yang kita miliki dengan berpatokan pada Jadwal Pembelajaran Teknik Sipil yang kita buat. untuk itu Carilah Jenis pekerjaan yang sesuai dengan waktu luang anda. karena ingat Kuliah Teknik Sipil merupakan Faktor utama, sementara Pekerjaan disini hanyalah Usaha sampingan untuk membantu memenuhi kebutuhan kita, sekaligus meringkan biaya orang tua.

Kerja atau Usaha sampingan yang cocok buat Mahasiswa Teknik Sipil

- Jasa pengetikan

Jika anda memiliki Komputer atau Laptop maka anda bisa memanfaatkannya dengan Menerima Jasa Pengetikan. Jasa Pengetikan tersebut kita kerjakan dirumah. untuk itu maka kita menerima jasa pengetikan dari orang yang mau pekerjaan itu kita kerjakan dirumah namun tentu dengan batasan waktu. kita bisa menerima Pengetikan Tugas Makalah, Skripsi, dan lain sebagainya namun dengan jumlah halaman bisa lebih dari 5 lembar.

Caranya adalah kita membuat Brosur Jasa Pengetikan tersebut dan sebarkan disetiap Fakultas dikampus kita. Jika ada yang berminat maka nantinya anda akan dihubungi. Maka dari Brosur yang kita buat harus jelas dan meyakinkan bahwa kita profesional dalam hal Jasa Pengetikan.

- Jasa pembuatan Tugas Makalah

Usaha ini jika bisa menjadi Alternatif untuk menambah uang saku kita, dimana kita memanfaatkan Teman-teman Mahasiswa lain yang tidak memiliki waktu dalam membuat Tugas Makalahnya. untuk menerima Jasa Pembuatan Makalah, maka kita  tentu harus memiliki banyak referensi karena Bukan Makalah Teknik Sipil saja yang kita buat namun Makalah dari Semua jurusan.anda bisa mematok harga berdasarkan Jumlah halaman dari Makalah tersebut. yang perlu disiapkan adalah Komputer/Laptop dan Modem untuk jaringan Internet. fungsi jaringan Internet adalah anda bisa mencari referensi pembuatan Makalah jika anda tidak memiliki Buku terkait dengan Makalah yang dipesan. langkah selanjutnya yaitu sama halnya dengan Jasa pengetikan diatas yaitu membuat Brosur dan sebarkan disetiap Jurusan. Potensi Penghasilannya Jika 1 Makalah dipatok dengan harga Rp.15.000-25.000; maka target dalam satu bulan yaitu minimal 20 Makalah jadi petensi penghasilan Minimal yaitu Rp. 500,000.

Uang yang didapatkan memang tidak seberapa namun setidaknya bisa meringkan kebutuhan kita. dan yang terpenting adalah kita akan memiliki pengetahuan yang bertambah dari semua Bidang.

- Jasa Gambar Bangunan

Sebagai Anak Teknik Sipil, menggambar adalah bagian dari pekerjaannya. untuk itu, kita bisa memnfaatkan pengetahuan itu untuk menambah penghasilan. namun untuk menggambar bangunan maka kita harus mengetahui cara pemakaian Software Gambar bangunan tersebut. setelah itu pengetahuan tentang tata Lotak Ruang,Pencahayaan, dan hal-hal yang berhubungan dengan Gambar bangunan secara teknis harus kita pahami. Cara untuk mendapatkan Orderan gambar Rumah yaitu bisa dengan cara membuat Brosur dan sebarkan disetiap wilayah sekitar yang bisa dijangkau. selain itu kita bisa menerima Jasa gambar banguan secara online. Harga yang kita patok tentu harus lebih murah agar kita lebih cepat menerima Orderan gambar bangunan. bisa Rp.20.000/m3 sampai Rp.100.000/m3. jika dalam satu bulan anda mendapatkan 1 Orderan saja. maka sudah lumayan untuk meringankan biaya Kuliah dan biaya hidup kita.

- Penulis artikel/opini di Media Cetak.

Untuk Jenis Pekerjaan ini sepertinya tidak terlalu sulit jika anda memiliki kebiasaan untuk menulis. biasanya Pada Surat Kabar Harian ataupun Majalah ada halaman khusus yang disediakan oleh penerbit untuk kita mengeksplorasi gagasan kita dalam bentuk artikel atau Opini. nah kabar baiknya adalah Setiap Artikel/opini yang kita buat dan dimuat di Media cetak tersebut, maka para penerbit akan memberikan Honor buat tulisan kita tersebut. dan honor itu bervariasi antara Rp.150.000 sampai Rp.1000.000; tergantung Media cetaknya. jika berskala Lokal maka biasanya hanya berkisar antara 150-500 Ribu Rupiah. jika skala nasional maka bisa sampai 1 juta rupiah/Tulisan. karena banyaknya tulisan yang dikirimkan ke Tim editor maka kualitas dari tulisan tersebut harus kita perhatikan.

Jika anda memfokuskan diri dalam penulisan dimedia cetak ini dan minimal tulisan anda dibuat dalam waktu 1 bulan sebanyak 10 Tulisan maka Pendapatan anda Minimal 1.5 juta/bulan. banyaknya kata dalam tulisan sangat tergantung pada Media Cetak. biasanya sekitar 350-500 Kata/Tulisan.

- Guru Kursus Privat Software Teknik Sipil

Jika anda menguasai salah satu Software atau seluruh software yang digunakan dalam Teknik Sipil, maka anda juga bisa menerima Kursus dari Mahasiswa Teknik Sipil yang lain. Misalnya anda menguasai Pemakaian Software Sap2000, maka manfaatkan pengatahuan itu untuk Jasa Kursus Sap2000. anda bisa mematok harga dari 500-1 Juta rupiah/bulan untuk setiap orangnya. atau Paket/5 atau 10 orang setiap bulannya. jika anda bisa mengelolah dengan baik, maka kebutuhan biaya hidup dan kuliah anda bisa lebih ringan.

- Tenaga Drafter Freelance

Selain Pekerjaan diatas, maka jenis pekerjaan yang bisa anda manfaatkan sebagai mahasiswa Teknik Sipil yaitu bekerja sebagai tenaga Drafter Freelance. baik pada perusahan tertentu ataupun kepada siapa saja yang membutuhkan jasa Tenaga Drafter. namun untuk jenis pekerjaan ini tentu saja kita dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang Teknik Sipil. diantaranya Memakai Software Gambar, melakukan Perhitungan dengan Sap2000, Etabs, Excel. dan lain sebagainya. langkah-langkah yang harus dilakukan untuk Pekerjaan Drafter ini yaitu membuat sebuah Proposal Penawaran kerja sama dan memasukannya disetiap Perusahan yang berhubungan dengan Perusahan Jasa konstruksi. Cara lainnya yaitu anda bisa membuat sebuah website dan menerima Pekerjaan Drafter tersebut melalui Website atau Blog yang anda buat tersebut.

Demikianlah Tulisan tentang Cara Kuliah Teknik Sipil sambil Kerja. Semoga kita sebagai mahasiswa Teknik sipil bisa mandiri dan sukses dalam menyelesaikan kuliah. jika kita punya pengalaman bekerja semasa menjadi mahasiswa maka kitapun tidak takut untuk mencari pekerjaan setelah selesai kuliah. dan bahkan mungkin kita tidak perlu untuk mencari lowongan kerja teknik sipil namun kita sendiri yang menciptakan Lowongan pekerjan buat orang lain. mungkin itu dari saya dan Jika teman-teman punya cara-cara yang lain mungkin bisa disharingkan melalui kolom kementar dibawah ini. Terima kasih.

 

Anda Juga Bisa Membaca Artikel Lain Tentang Teknik Sipil :

Syarat Perancangan Beton Menurut SNI
Cara Mendapatkan Buku Teknik Sipil gratis
Cara Belajar Ilmu Teknik Sipil  
Mengenal Jurusan Teknik Sipil



Baca Selengkapnya ....
Share on :

Lowongan Pekerjaan Teknik Sipil di Perusahan Jasa Konstruksi

Posted by Taufick Max 0 komentar

Lowongan Pekerjaan Teknik Sipil di Perusahan Jasa Konstruksi


Bagi semua orang untuk mendatkan sebuah pekerjaan merupakan sebuah impian, karena dengan pekerjaan tersebut bisa digunakan sebagai sumber income untuk bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. begitu juga dengan para lulusan Sarjana Teknik Sipil.

Bagi para lulusan Teknik Sipil mendapatkan Pekerjaan selesai Lulus merupakan yang didambakan. dan bagi para Sarjana Teknik Sipil yang tidak memiliki Modal untuk membangun sebuah perusahannya sendiri baik berupa CV, maupun PT. maka biasanya dia akan memanfaatkan Ilmu Ketekniksipilannya untuk Mencari Pekerjaan di setiap Instansi atau Perusahan yang memberikan Lowongan Pekerjaan Teknik Sipil.

Seperti yang telah dibahas pada kesempatan yang lalu tentang Pekerjaan Teknik Sipil yaitu Lowongan Pekerjaan Teknik Sipil sangatlah banyak. namun pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Lowongan Pekerjaan Teknik Sipil di Perusahan Jasa Konstruksi.

Apa saja Perusahan Jasa Konstruksi

Lowongan Pekerjaan Teknik Sipil
Perusahan Jasa Konstruksi yaitu sebuah perusahan yang bergerak di Bidang Konstruksi baik berupa CV, maupun PT. baik bergerak dibidang Suply Material Bangunan, Jasa Kontraktor, Jasa Konsultan, maupun Bidang Manajemen Proyek.

Untuk mendapatkan Pekerjaan di Perusahan Jasa Konstruksi dimaksud maka tentu kita harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang sesuai dengan kriteria perusahan jasa Konstruksi. Persyaratan tersebut tentunya berhubungan dengan Lowongan Pekerjaan Teknik Sipil apa yang masih ada disebuah perusahan. apakah itu sebagai Tenaga Desain Konstruksi, Drafter, Surveyor, Pengawas, dan lain sebagainya.

Nah, untuk itu sebaiknya sebelum kita melamar kerja pada Lowongan Pekerjaan Teknik Sipil yang ada, maka kita berusaha melengkapi Skill yang dibutuhkan. Misalnya menguasai Software Teknik Sipil yang bisa digunakan untuk Menghitung, Mengggambar, dan atau belajar Menguasai Alat-alat pendukung yang biasa digunakan dalam Proyek Konstruksi. Misalnya untuk Lowongan Pekerjaan Teknik Sipil sebagai Juru Ukur, maka Skill yang harus anda siapkan adalah bisa menguasai atau Mengoperasikan Alat Ukur semacam Waterpass, Theodolit, atau Alat Ukur modern terbaru yang lainnya.

Jika semua Skill tersebut sudah anda miliki Maka Lowongan Pekerjaan Teknik Sipil terbuka untuk anda dimana saja. Untuk itu saat ini kita yang masih memiliki kesempatan untuk Belajar manfaatkanlah waktu itu sebaik mungkin untuk menguasai Skill didalam Ilmu Teknik Sipil. karena Perusahan Jasa Konstruksi saat ini tidak membutuhkan Berapa IPK di Ijazah Sarjanamu namun Skill apa yang anda Miliki.

Banyak para Lulusan Sarjana Teknik Sipil saat ini masih belum memiliki Pekerjaan, akibat dari kurangnya Skill yang dimiliki untuk Ilmu Teknik Sipil tersebut. nah jika hal itu terjadi pada kita, maka sebaiknya langkah yang perlu kita ambil adalah mempelajari kembali Ilmu Teknik Sipil melalui Lembaga-lembaga Kursus untuk Teknik Sipil.

Demikianlah beberapa Cara Mendapatkan Pekerjaan dari Lowongan di Perusahan Jasa Konstruksi. semoga bisa membantu anda walau sekedar gambaran dan cara-cara untuk mendapatkan Pekerjaan Teknik Sipil.


Anda Bisa Membaca Artikel Teknik Sipil lainnya tentang Teknik Sipil :

Syarat Perancangan Beton Menurut SNI
Cara Mendapatkan Buku Teknik Sipil gratis
Cara Belajar Ilmu Teknik Sipil  
Mengenal Jurusan Teknik Sipil

Baca Selengkapnya ....
Share on :

Mengenal Jurusan Teknik Sipil

Posted by Taufick Max 0 komentar

Mengenal Jurusan Teknik Sipil

Universitas Trisakti
Jurusan Tekni Sipil adalah salah satu Jurusan dI Fakultas Teknik. namun ada juga dibeberap Kampus di Indonesia Teknik Sipil bukan merupakan sebuah jurusan akan tetapi menjadi sebuah Fakultas biasanya Fakultas ini bernama Fakultas Teknik Sipil dan perencanaan. salah satu Kampus yang memiliki Fakultas Teknik Sipil dan perencanaan adalah Universitas Trisakti Jakarta, Indonesia.

Baik sebagai Fakultas maupun sebagai Jurusan Teknik Sipil, Ilmu Teknik Sipil dibagi kedalam beberapa Bidang. pada awalnya Ir. Teknik Sipil itu memiliki banyak Bidang atau jurusan. diantara Bidang Teknik Sipil yang saat ini sudah berdiri sendiri menjadi sebuah Jurusan Baru adalah Jurusan planologi atau Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Kemudian Teknik Lingkungan juga masuk sebagai Jurusan Teknik Sipil.

Saat ini Jurusan Teknik Sipil di bagi menjadi beberapa Bidang, diantaranya :

Jurusan Teknik Sipil Bidang Transportasi

Ilmu Teknik Sipil yang dipelajari dalam Bidang transportasi yaitu Transportasi Udara, Transportasi Laut, Transportasi Sungai, dan Transportasi Darat. Mata kuliah Teknik Sipil untuk bidang transportasi adalah Dasar - dasar Perencanaan Transportasi, Bandara Udara, Pelabuhan, Manajemen Lalu lintas, Teknik Sungai, Sistem Tranportasi,Rekayasa Lalu lintas, Geometri Jalan raya. Dll

Jurusan Teknik Sipil Bidang Manajemen Konstruksi

Universitas Khairun Ternate Jurusan Teknik Sipil
Untuk bidang manajemen Konstruksi memperlajari tentang bagaimana cara mengelolah Proyek Konstruksi agar Proyek yang dijalankan direncanakan sedemikian rupa hingga Biaya yang digunakan dalam pelaksanaan Proyek tersebut sangat kecil, dengan waktu pelaksanaannya Cepat, serta mempertimbangkan aspek Mutu atau kualitas dari Proyek yang dihasilkan. jadi suatu manajemen Proyek dikatakan Sukses jika tiga Instrumen Penting tersebut yakni Biaya,Waktu, dan Mutu (Triple Contrain) bisa berjalan sesuai dengan perencanaan. Hakekat Ilmu Manajemen Konstruksi tersebut yakni bagimana bisa mengendalikan Waktu pelaksanaan Proyek, dengan memperhatikan Produktivitas tenaga kerja,Mengelolah Alat Berat yang digunakan dalam Proyek, serta bisa memanejemen organisasi Proyek dengan baik , selanjutnya berhubungan dengan pengendalian harga bahan bangunan yang digunakan dan memiliki alternatif Material yang bisa digunakan sebagai bahan bangunan tersebut.


Didalam Jurusan Teknik Sipil
bidang Manajemen Konstruksi memiliki Mata Kuliah diantaranya adalah Pengenalan Manajemen Konstruksi,Manajemen Proyek, Manajemen Alat Berat, Rekayasa Nilai Konstruksi, Ekonomi Teknik, Manajemen Sains. Dll

Jurusan Teknik Sipil Bidang Struktur

Universitas 45 Makassar Jurusan Teknik Sipil
Bidang Struktur Teknik Sipil merupakan bidang Ilmu Teknik Sipil yang memperlajari tentang Perilaku Struktur pada material bangunan yang digunakan sebagai bahan bangunan konstruksi, baik tentang Gaya yang bekerja pada Struktur, Kekuatan Struktur, dan perilaku Struktur lainnya. Perilaku Material Struktur yang dipelajari diantaranya adalah Material, Kontruksi Baja, Konstruksi Beton, Konstruks Kayu, dan material-material yang lain yang berpengaruh pada Struktur sebuah konstruksi.

Mata Kuliah yang diajarkan dalam Jurusan Teknik Sipil bidang Struktur diantaranya adalah Analisa Struktur, Mekanika Teknik, Metode Numerik, Konstruksi Baja, Konstruksi Beton, Konstruksi Kayu, dan lain sebagainya.

Jurusan Teknik Sipil Bidang Penyehatan Lingkungan

Institut Sains dan Teknologi Makassar
Untuk Bidang Penyehatan Lingkungan Jurusan Teknik Sipil itu mempelajari tentang pengaruh lingkungan pada pelaksanaan sebuah proyek konstruksi, sehingga baik sebelum maupun dalam proses pelaksanaan Proyek Konstruksi itu selalu mempertimbangkan Aspek Lingkungan.

Mata Kuliah Penyehatan Lingkungan yang dipelajari di Jurusan Teknik Sipil diantaranya adalah Anilisa Dampak Lingkungan, Penyehatan Lingkungan Proyek, dan lain sebagainya.

Jurusan Teknik Sipil Bidang Keairan

Untuk Bidang Keairan Jurusan Teknik Sipil hal-hal yang dipelajari adalah Ilmu yang berkaitan dengan Pemanfaatan serta pengandalian Hidrologi atau Keairan yang berfungsi untuk kebutuhan Masyarakat tentang Air.

Mata Kuliah yang dipelajari didalam Jurusan Teknik Sipil bidang Keairan adalah Hidrologi, Irigasi, Bendungan, Pengendalian Banjir, dan lain sebagainya.

Universitas-Universitas yang menyediakan Jurusan Teknik Sipil diantaranya :


Universitas Trisakti Jakarta
Universitas Tarumanegara Jakarta
Universitas 45 Makassar
Universitas Hasanudin Makassar
Universitas Gajahmada Jogyakarta
Isntitut Teknologi Bandung
Institut Teknologi Sepuluh November
Institut Sains dan Teknologi Makassar
Universitas Khairun Ternate
Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Universitas Bumi Hijrah Halmahera

Dan lain sebagainya. anda bisa menambahkan nama Universitas anda dibawah Kotak Komentar dibawah ini jika belum dimasukan diatas.

Demikianlah beberapa Bidang Ilmu yang dipelajari didalam Jurusan Teknik Sipil. biasanya setiap Universitas memiliki bidang di Jurusan Teknik Sipil yang berbeda-beda. untuk itu jika ada yang mengetahui apa saja Bidang-bidang lainnya selain yang disebutkan diatas bisa anda tambahkan dibawah kolom kementar dibawah ini. dan Bagi Teman-teman yang belum tau apa saja yang dipelajari dalam Jurusan Teknik Sipil maka semoga tulisan ini bisa membantu anda.

Anda Bisa Membaca Artikel lainnya tentang Jurusan Teknik Sipil :

Syarat Perancangan Beton Menurut SNI
Cara Mendapatkan Buku Teknik Sipil gratis
Cara Belajar Ilmu Teknik Sipil 

Baca Selengkapnya ....
Share on :

Cara Belajar Ilmu Teknik Sipil

Posted by Taufick Max 5 komentar

Cara Belajar Ilmu Teknik Sipil

Belajar Ilmu teknik Sipil

Seperti yang telah dibahas sebelumnya pada Artikel Tentang Teknik Sipil, bahwa Ilmu sipil yaitu Ilmu yang mempelajari tentang bagimana Merancang,membangun dan merenovasi bangunan Konstruksi untuk kebutuhan manusia. untuk memperlajari Ilmu Teknik Sipil sama halnya dengan mepelajari Ilmu pengetahuan lain yaitu butuh ketekunan dan kemauan belajar yang besar. karena kemauan belajar yang besar akan membuat masalah yang kita temui dalam Mempelajari Ilmu Teknik Sipil kita anggap sebagai sebuah tantangan untuk kita.

Jika kita Mempelajari Ilmu Teknik Sipil sebagai seorang Mahasiswa maka tentu hal kita dituntut untuk mengetahui Ilmu tersebut karena nanti nantinya Ilmu Teknik Sipil yang kita pelajari Akan dipertanggungjawabkan kepada Masyrakata dalam bentuk kreatifitas kita untuk berkonstribusi terhadap permasalahan seputar Dunia Teknik Sipil.

Manajemen Waktu Pembelajaran Ilmu Teknik Sipil

Hampir semua bidang kehidupan waktu merpakan hal yang sangat penting untuk sebuah kesuksesan, jika waktu tidak dikelolah dengan baik maka akan mempersulit kita untuk kesuksesan. begitu halnya dengan Belajar Imu Teknik Sipil dalah hal ini kita sebagai Mahasiswa yang sementara Kuliah dengan Jurusan Ilmu Teknik Sipil. Karena begitu banyaknya Ilmu yang dipelajari di Teknik Sipil maka dibutuhkan Manajeman yang baik untuk mengelolah semua mata kuliah yang kita pelajari.

Tentukan target Belajar Ilmu Teknik Sipil

Belajar Teknik Sipil
Untuk Belajar ilmu Teknik Sipil kita harus memiliki Tujuan yang kita targetkan untuk bisa menguasai dan mengetahuinya.Impian meruapakan hal utama yang menjadi Priorotas. jika kita punya impian maka kita bisa dengan mudah mengatur mengatur langkah-langkah apa yang kita lakukan untuk meraihnya.

Langkah pertama setelah kita membuat daftar Impian yang ingin kita wujudkan dengan menentukan target kapan Impian itu bisa kita wujudkan. dalam hal ini di Contohkan kita menginginkan bahwa pada semester berjalan ini seluruh Mata Kuliah yang kita pelajari mendapatkan Nilai A dan dibarengi dengan Kualitas pengetahun yang kita dapatkan dengan Mata Kuliah tersebut. Maka kita harus mengetahui syarat-syarat yang harus diperlukan untuk mewujudkan itu. setelah mengetahui Syarat-syarat yang dibutuhkan maka kita harus membuat jadwal Belajar setiap mata Kuliah. jadwal yang dimaksudkan adalah bukan jadwal mata kuliah melainkan Jadwal belajar kita sendiri.

yang terpenting setelah kita mengatur jadwal Belajar setiap pada Kuliah adalah kekonsistenan kita dan tetap fokus untuk menjalankan apa yang sudah di jadwalkan. hal yang paling sulit adalah merubah kebiasaan lama kita. karena dengan mengatur jadwal seperti itu berarti sama halnya dengan m,erubah kebiasaan kita. karena waktu yang kita meiliki untuk berhura-hura pastinya sangat minim. disinilah letak kesuksesan tersebut. terkadang kita selalu merasa nyaman untuk berada di zona kenyamanan dan lingkungan juga sangat mempengaruhi kekonsistenan itu tetapi jika anda memiliki komitmen yang kuat maka semua itu bisa anda lewati untuk menuju apa yang menjadi tujuan anda.

Mengatur Folder Mata Kuliah di Komputer

Setelah membuat daftar Impian, mengatur Jadwal, dan belajar Konsisten dengan Jadwal yang kita buat, maka selanjutnya adalah Teknik manajemen file dari setiap mata Kuliah yang kita ambil dan sudah kita jadwalkan tersebut. caranya yaitu Buatlah Foldel Umum dengan nama Semester berjalan. setelah itu didalam Folder umum tersebut buatkanlah Folder-folder setiap mata Kuliah yang diprogramkan. dan setiap Folder Mata Kuliah juga dibuat Folder Inti yang berisi Folder Tugas Teknik Sipil, Folder Materi Kuliah, Folder presentasi, Folder Contoh-contoh soal Ujian, dan Folder refernsi.

Setiap Folder inti yang dibuat tersebut harus diisi sesuai file - file yang dibutukan. untuk itu anda harus mencari dan membuat file-file tersebut, maksud dari folder itu adalah untuk memudahkan anda untuk tetap fokus dan bisa mengukur kemampuan pengatahuan masali-masing mata kuliah semakin banyak file yang terisi di folder tersebut menunjukan seberapa besar yang sudah dipelajari.

Cara Mencari Referensi Ilmu Teknik Sipil

Setelah anda membuat Folder maka anda bisa mencari referensi atau file dari internet ataupun dari buku yang kemudian anta ketik. file yang di cari biar lebih sistematis maka harus berdasarkan Topik Kuliah yang sementara berjalan. setelah mengikuti proses kuliah Teknik Sipil dikampus dengan Topik tertentu, maka selanjutnya sesuai dengan jadwal yang anda susun carilah referensi berdasarkan topik tersebut. Jika ada tugas anda bisa membuat dengan menggunakan referensi yang dapatkan tersebut dan masukan file tugas di folder yang telah dibuat. semua file harus dimasukan pada foldernya. kemudian setiap topik anda buatkan Soal-soal tambahan dilengkapi dengan jawaban yang anda cari melalui referensi yang didapatkan.

Sekedar tambahan referensi yang anda cari bisa berupa Artikel Teknik Sipil, Jurnal Teknik Sipil, Skripsi Teknik Sipil, dan Makalah Teknik sipil. Filenya bisa berbentuk PDF, Word, Power point. cara mencarinya pertama-tama anda mengetik di Search enggine dengan keyword " free search enggine PDF/word/power point". setelah itu bukalah salah satu search enggine yang dimaksud. dan masukan kata kunci referensi yang mau dicari itu.

Download Ebook Gratis Teknik Sipil melalui Internet

Selain yang dibahas diatas maka langkah selanjutnya anda juga bisa mendownload Ebook Teknik Sipil Gratis yang telah disediakan disitus-situs Teknik Sipil di Internet sebagai referensi untuk di Folder anda. untuk mengetahui cara mendapatkan Buku Teknik Sipil dalam bentuk Ebook Teknik Sipil maka anda bisa membaca tulisan Tentang BUKU TEKNIK SIPIL diblog Kampus-sipil ini.

Mengikuti Kursus Software yang sering dipakai dalam  Ilmu Teknik Sipil.

Di Dalam Ilmu Teknik Sipil ada banyak hal yang tidak dipelajari secara spesifik di ruang perkuliahan, misalnya yang berhubungan dengan penggunaan Software Teknik Sipil. nah untuk lebih memperdalam pengetahuan anda di Bidang Ilmu teknik sipil, maka sebaiknya anda mencari tempat kursus Ilmu Teknik Sipil untuk belajar disitu. biasanya penggunaan Software Teknik Sipil yang dipalajari melalui kursus diantaranya adalah Kursus Tentang SAP2000, Kursus Software Etabs, Kursus AutoCAD, Kursus SketChup, Dsb.

Demikianlah Tulisan tentang Belajar Ilmu Teknik Sipil. cara-cara tersebut merupakan cara yang saya lakukan untuk mempelajari Ilmu Teknik Sipil. karena sebelumnya banyak waktu yang terbuang sia-sia makanya dengan cara Manajemen Pembelajaran Ilmu Teknik Sipil ini diharapkan kita bisa merubah kebiasaan - kebiasaan lama. menggantikannya dengan cara baru yang terjadwalkan, sistematis dan bisa digunakan dengan sebagai bahan evalasi penguasaan Ilmu Teknik Sipil anda.

Jika anda punya cara-cara yang lain untuk Belajar Ilmu Teknik Sipil, mungkin anda bisa berbagi dikolom Komentar di Bawah ini.

Anda Juga Bisa Membaca Artikel lainnya tentang Ilmu Teknik Sipil

Syarat Perancangan Beton Menurut SNI

Cara Mendapatkan Buku Teknik Sipil gratis


Baca Selengkapnya ....
Share on :

Cara Mendapatkan Buku Teknik Sipil Gratis

Posted by Taufick Max 3 komentar

Cara Mendapatkan Buku Teknik Sipil Gratis

Buku Teknik Sipil
Sebagai seorang Mahasiswa Teknik Sipil memiliki Referensi Buku Teknik Sipil merupakan hal yang wajib. namun terkadang untuk memiliki semua Buku Teknik Sipil itu tidak mudah. karena buka tidak tersedianya buku, namun kadang kita dihadapkan pada persoalan biaya untuk memiliki Buku Teknik Sipil tersebut.

Namun diera modern saat ini, dimana kecanggihan Teknologi semakin mempengaruhi kehidupan manusia, maka banyak hal yang menguntungkan untuk bisa kita nikamati. tak terkecuali Teknologi untuk Buku Teknik Sipil. Jika kita kesulitan untuk memiliki Buku Teknik Sipil karena tidak memiliki dana yang besar, maka saat ini sudah banyak Ebook Teknik Sipil yang tersedia untuk menjawab kebutuhan tersebut. anda bisa memperolehnya dengan gratis. biaya yang anda keluarkan hanyalah biaya internet tentunya. karena untuk mendapatkan Buku Teknik Sipil dalam bentuk Ebook harus terkoneksi dengan internet.

Banyak lelebihan yang bisa kita dapatkan pada Ebook Teknik Sipil jika dibandingkan dengan Buku Teknik Sipil dalam bentuk cetak.  yaitu anda bisa mendapatkannya dengan gratis dan mudah dibawah kemana saja dalam jumlah yang banyak. karena Ebook Teknik Sipil ini dalam bentuk file.

Walaupun banyak yang lebih suka membaca Buku Teknik Sipil melalui Buku cetak, namun Ebook Teknik Sipil juga sangat bermanfaat bagi kita yang tidak bisa memiliki semua Buku Teknik Sipil karena keterbatasan biaya.

Cara Mencari Ebook Teknik Sipil Gratis di Internet

Nah berikut ini saya akan memberitahukan cara mendapatkan Buku Teknik Sipil dalam bentuk Ebook. yang pertama jika anda mencari Buku Teknik Sipil berbahasa ingris maka anda tinggal mengetik kata kunci di Google search dengan Keyword " Free Download Ebook Civil Engginering" dan jika dalam bahasa Indonesia anda bisa mengetik Kata kunci " Ebook Gratis Teknik Sipil" atau terserah kata kunci apa yang anda inginkan untuk diketik sebagai kata kunci pencarian anda, namun untuk mengetik kata kunci saya menyarankan untuk mekakai tanda petik ("").

Contoh nya jika anda mau mencari Ebook Teknik Sipil tentang Manajemen Konstruksi maka ketiklah  "Ebook Manajemen Konstruksi". berikut ini saya melampirkan beberapa Situs yang menyediakan Ebook Teknik Sipil Gratis untuk anda

Situs Penyedia Ebook Teknik Sipil Gratis

Buku Teknik Sipil Gratis

Ilmu Teknik Sipil


Demikianlah beberapa cara untuk mendapatkan Buku Teknik Sipil Gratis melalui Internet. semoga bisa membantu anda untuk menambah referensi untuk Ilmu Teknik Sipil.
Jika anda mengetahui cara-cara yang lain untuk mendapatkan Buku Teknik Sipil ataupun mengetahui Situs-situs yang menyediakan Buku Teknik Sipil. maka anda bisa sharing dikolom komentar  dibawah ini.

Anda Bisa Membaca Artikel lainnya yang berkaitan dengan Buku Teknik Sipil

Macam-macam Buku Teknik Sipil




Baca Selengkapnya ....
Share on :

Sejarah Tentang Teknik Sipil

Posted by Taufick Max Senin, 21 Januari 2013 1 komentar

Sejarah Tentang Teknik Sipil

Sejarah Tentang Teknik Sipil
Jika sebelumnya telah kita bahas tentang Jenis-Jenis Pekerjaan Teknik Sipil maka pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Apa itu Teknik Sipil secara umum.untuk membahas apa itu Teknik Sipil maka hal yang perlu kita ketahui adalah Defenisi Teknik Sipil, bagaimana Sejarah Teknik Sipil, Siapa saja yang punya peranan dalam Dunia Teknik Sipil, Apa saja yang dipelajari dalam Ilmu Teknik Sipil dan yang terakhir adalah Bagaimana Perkembangan Teknik Sipil saat ini.

Defenisi Tentang Teknik Sipil

Didalam bahasa inggris Teknik Sipil adalah Civil Engginering maksud dari Civil Engginering merupakan sebuah disiplin Ilmu yang berhubungan dengan Pekerjaan-pekerjaan untuk kepentingan Masyarakat umum. yaitu Pekerjaan untuk Merencanakan dan Membangun sebuah konstruksi yang bisa digunakan baik sebagai fasilitas umum maupun pribadi. Pekerjaan-pekerjaan Teknik Sipil yang merupakan fasilitas umum diantaranya yaitu Jembatan, Pelabuhan, jalan Raya, dan Bandar Udara.

Sejarah Teknik Sipil

Peradaban Islam di era keemasan telah memberi sumbangan yang begitu besar dalam bidang teknik sipil (civil engineering).Di era kejayaannya, para insinyur Muslim telah berhasil membangun sederet karya besar dalam bidang teknik sipil berupa; bendungan, jembatan, penerangan jalan umum, irigasi, hingga gedung pencakar langit.

Anehnya, beragam karya besar ilmuwan Muslim dalam bidang teknik sipil itu sama sekali tak pernah diungkap para sejarawan teknik sipil. Bila kita melacak sejarah perkembangan teknik sipil, kisah sukses dan pencapaian yang telah ditorehkan para insinyur Muslim di abad pertengahan itu sama sekali tak disebut.

Peradaban Barat, melalui sejarawan teknik sipilnya seakan-akan menutupi keberhasilan dan mengabaikan pencapaian yang telah ditorehkan para insinyur Muslim. Upaya Barat menutupi keberhasilan para insinyur Muslim di zaman kekhalifahan itu pun mengundang protes dan kecaman di kalangan sejarawan teknik sipil di dunia Barat.

”Sangat tak adil dan tak benar,” cetus Norman Smith dalam bukunya A History of Damsmenanggapi sikap sejumlah sejarawan Barat yang tak mengakui pencapaian para insinyur sipil Muslim. Alih-alih mengakui keberhasilan insinyur Muslim, para sejarawan teknik sipil Barat malah menuding pada era kekuasaan Dinasti Ummayah dan Abbasiyah pembangunan bendungan, irigasi, serta aktivitas teknik lain menurun drastis.

Sejarah teknik sipil yang ditulis Barat menyebutkan bahwa Insinyur Sipil Pertama di Dunia adalah Jhon Smeaton yang hidup di abad ke-18 M. Smeaton mengklaim dirinya sebagai insinyur sipil pertama karena mampu membangun Eddystone Lighthouse. Padahal, jauh sebelum itu di abad ke-9 M, peradaban Islam sudah memiliki insinyur sipil terkemuka bernama Al-Farghani. Selain itu ada pula nama Al-Jazari, insinyur sipil terkemuka dari abad ke-13 M.

Lalu apa saja karya besar yang disumbangkan para insinyur Muslim bagi pengembangan teknik sipil? Sejarah membuktikan, di era keemasannya peradaban Islam telah mampu membangun bendungan jembatan (bridge dam).Bendung jembatan itu digunakan untuk menggerakkan roda air yang bekerja dengan mekanisme peningkatan air. Bendungan jembatan pertama dibangun di Dezful, Iran.

Bendung jembatan itu mampu menggelontorkan 50 kubik air untuk menyuplai kebutuhan masyarakat Muslim di kota itu. Setelah muncul di Dezful, Iran bendung jembatan juga muncul di kota-kota lainnya di dunia Islam. Sehingga, masyarakat Muslim pada masa itu tak mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Selain itu, di era kekhalifahan para insinyur Muslim juga sudah mampu membangun bendungan pengatur air diversion dam.Bendungan ini digunakan untuk mengatur atau mengalihkan arus air. Bendungan pengatur air itu pertama kali dibangun insinyur Muslim di Sungai Uzaym yang terletak di Jabal Hamrin, Irak. Setelah itu, bendungan semacam itu pun banyak dibangun di kota dan negeri lain di dunia Islam.

Pencapaian lainnya yang berhasil ditorehkan insinyur Islam dalam bidang teknik sipil adalah pembangunan penerangan jalan umum. Lampu penerangan jalan umum pertama kali dibangun oleh kekhalifahan Islam, khususnya di Cordoba. Pada masa kejayaannya, pada malam hari jalan-jalan yang mulus di kota peradaban Muslim yang berada di benua Eropa itu bertaburkan cahaya.

Selain dikenal bertabur cahaya di waktu malam, kota-kota peradaban Islam pun dikenal sangat bersih. Ternyata, pada masa itu para insinyur Muslim sudah mampu menciptakan sarana pengumpul sampah, berupa kontainer. Sesuatu yang belum pernah ada dalam peradaban manusia sebelumnya.

Para insinyur Muslim di masa kejayaan juga telah memberi sumbangan bagi pengembangan teknik sipil dengan menemukan beragam peralatan survei. Peralatan untuk meneliti permukaan berupa papan dari kayu dengan timbangan pengukur garis tegak lurus dan dua cantelan. Saat itu juga suda ditemukan alat untuk mengukur sudut, mengukur lebar sungai serta mengukur jarak antara dua titik yang dipisahkan oleh sebuah halangan yang tak dapat dilalui.

Sebelum peradaban Barat berhasil membangun gedung pencakar langit, para insinyur Muslim pada abad ke-16 M telah berhasil membangun gedung pencakar langit di Shibam, Yaman. Tak heran, jika kota itu dikenal sebagai ‘kota pencakar langit tertua di dunia.’ Inilah contoh pertama tata kota yang didasarkan pada prinsip-prinsip pembangunan secara vertikal.

Di kota Shibam dibangun tak kurang dari 500 tower rumah yang tingginya mencapai 30 meter. Para insinyur teknik sipil Barat untuk pertama kalinya berhasil membangun gedung pencakar langit pertama pada tahun 1885 M. Gedung pencakar langit pertama yang dibangun insinyur barat adalah Home Insurance Building yang tingginya mencapai 42 meter.

Pada abad ke-21 ini, gedung pencakar langit masih berada di negara Muslim yakni di Dubai, yakni Burj Dubai. Pada tahun 1998, gedung pencakar langit tertinggi berada di Malaysia, yakni menara kembar Petronas. Untuk urusan merancang gedung pencakar langit, duania mencatat insinyur Muslim pada abad ke-20 dari Banglades, Fazlur Khan, sebagai ‘Einstein Teknik Struktural’.

Insinyur teknik sipil Muslim di abad ke-12 M, juga telah mampu mendirikan menara tertinggi di abad pertengahan. Menara masjid tertinggi itu adalah Qutub Minar yang tingginya mencapai 72 meter. Sedangkan, menara masjid tertinggi di abad ke-21 ini adalah menara Masjid Hasan II yang tingginya mencapai 201 meter. Menara itu dibangun pada tahun 1986.

Salah satu pencapaian lainnya yang berhasil dibangun para insinyur Muslim adalah sistem pemasok air atau sistem irigasi. Saluran irigasi yang dibagun pada zaman kemilau Islam itu hingga kini masih digunakan di dunia Islam atau wilayah bekas kekuasaan Islam di Eropa, seperti Sicilia, Semenjanjung Iberia dan khusunya Andalusia, Aragon, dan provinsi Valencia di Spanyol.

Sistem irigasi yang dikembangkan para insinyur Muslim itu juga telah diadopsi di Kepulauan Canary dan Amerika. Bangsa Spanyol yang memperkenalkannya ke benua Amerika. Hingga kini, sistem irigasi yang dikembangkan para insinyur Muslim itu masih digunakan di Meksiko, Texas, Peru, dan Chili.

Apa yang dipelajari dalam Ilmu Teknik Sipil

Di dalam Teknik SIpil hampir semua disiplin Ilmu di pelajari. namun pada kesempatan ini saya akan menjelaskan berdasarkan Cabang - Cabang Ilmu Teknik Sipil yang saya ambil dari id.wikipedia.org.

Ilmu Teknik Sipil Bidang Struktural

Cabang yang mempelajari masalah struktural dari materi yang digunakan untuk pembangunan. Sebuah bentuk bangunan mungkin dibuat dari beberapa pilihan jenis material seperti baja, beton, kayu, kaca atau bahan lainnya. Setiap bahan tersebut mempunyai karakteristik masing-masing. Ilmu bidang struktural mempelajari sifat-sifat material itu sehingga pada akhirnya dapat dipilih material mana yang cocok untuk jenis bangunan tersebut. Dalam bidang ini dipelajari lebih mendalam hal yang berkaitan dengan perencanaan struktur bangunan, jalan, jembatan, terowongan dari pembangunan pondasi hingga bangunan siap digunakan.

Ilmu Teknik Sipil Bidang Geoteknik

Cabang yang mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya. Cakupannya dapat berupa investigasi lapangan yang merupakan penyelidikan keadaan-keadaan tanah suatu daerah dan diperkuat dengan penyelidikan laboratorium.

Ilmu Teknik Sipil Bidang Manajemen Konstruksi

Cabang yang mempelajari masalah dalam proyek konstruksi yang berkaitan dengan ekonomi, penjadwalan pekerjaan, pengembalian modal, biaya proyek, semua hal yang berkaitan dengan hukum dan perizinan bangunan hingga pengorganisasian pekerjaan di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut selesai tepat waktu.

Ilmu Teknik Sipil Bidang Hidrologi

Cabang yang mempelajari air, distribusi, pengendalian dan permasalahannya. Mencakup bidang ini antara lain cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca, curah hujan, debit air sebuah sungai dsb), hidrolika (sifat material air, tekanan air, gaya dorong air dsb) dan bangunan air seperti pelabuhan, irigasi, waduk/bendungan(dam), kanal.

Ilmu Teknik Sipil Bidang Lingkungan

Cabang yang mempelajari permasalahan-permasalahan dan isu lingkungan. Mencakup bidang ini antara lain penyediaan sarana dan prasarana air besih, pengelolaan limbah dan air kotor, pencemaran sungai, polusi suara dan udara hingga teknik penyehatan.

Ilmu Teknik Sipil Bidang Transportasi

Cabang yang mempelajari mengenai sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Mencakup bidang ini antara lain konstruksi dan pengaturan jalan raya, konstruksi bandar udara, terminal, stasiun dan manajemennya.

Ilmu Teknik Sipil Bidang Informatika

Cabang baru yang mempelajari penerapan Komputer untuk perhitungan/pemodelan sebuah sistem dalam proyek Pembangunan atau Penelitian. Mencakup bidang ini antara lain dicontohkan berupa pemodelan Struktur Bangunan (Struktural dari Materi atau CAD), pemodelan pergerakan air tanah atau limbah, pemodelan lingkungan dengan Teknologi GIS (Geographic information system).

Perkembangan Ilmu Teknik Sipil masa kini

Saat ini banyak hal-hal baru yang telah ditemukan dalam rangka menyempurnakan Ilmu Ketekniksipilan. hal ini menunjukan bahwa Ilmu Teknik Sipil senantiasa maju dikarenakan banyak Ilmuan Teknik Sipil yang terus menerus melakukan Riset untuk memudahkan pekerjaan -pekerjaan teknik Sipil dilapangan. Perkembangan Konstruksi Beton, Konstruksi Baja, dan cara-cara penyelesaian masalah yang lain. misalnya dengan adanya software Teknik Sipil saat ini sangat memudahkan pekerjaan - pekerjaan Teknik Sipil. yang dulunya sebuah perhitungan Teknik Sipil bisa selesai dikerjakan dengan waktu yang sangat lama. dengan adanya Kemajuan Teknologi saat ini perhitungan tersebut dibuat dengan waktu yang relatif singkat. inilah Perkembangan Teknik Sipil masa kini yang semakin pesat kemajuannya, dan bahkan akan berlanjut dari tahun ke tahun.

Semoga kemajuan Teknik Sipil saat ini dan dimasa yang akan datang akan lebih mampu menyelesaikan persoalan - persoalan yang dihadapi Masyarakat saat ini khususnya yang berhubungan dengan struktur fasilitas Publik.

Demikianlah tulisan sekilas Tentang Teknik Sipil. jika ada yang salah mohon di Koreksi dan jika ada yang mau ditambahkan mohon di berikan masukan di Kolom Komentar ini. terima Kasih.

Baca Selengkapnya ....
Share on :

Jenis Pekerjaan Teknik Sipil

Posted by Taufick Max 0 komentar

Jenis Pekerjaan Teknik Sipil

Pekerjaan Teknik Sipil

Jenis Pekerjaan Teknik Sipil
itu sangat banyak seperti yang pernah kita bahas pada tulisan sebelumnya mengenai Lowongan Kerja Teknik Sipil. intinya bahwa Pekerjaan Teknik Sipil yaitu sebuah perkerjaan Proyek yang berhubungan dengan Sarana dan prasarana untuk kebutuhan Publik atau masyarakat Umum.

Untuk pekerjaan Teknik Sipil jika dilihat dari bidang-bidang didalam Teknik Sipil yaitu :

Pekerjaan Teknik Sipil di Bidang Transportasi

Pekerjaan Teknik Sipil untuk bidang transportasi yaitu berhubungan dengan Sarana Transportasi yang  digunakan oleh masyarakat umum yaitu Jalan, Jembatan, Pelabuhan, Bandar Udara. Dll.

Pekerjaan Teknik Sipil dibidang Keairan

Jenis Pekerjaan Teknik Sipil di bidang keairan yaitu Pembuatan Bendungan, Irigasi, Selokan, dll. intinya pekerjaan keairan itu berhungan dengan setiap jenis pekerjaan untuk kepentingan masyarakat umum dan sangat membantu untuk memberikan solusi dalam setiap persoalan yang ada di kehidupan masyarakat.

Pekerjaan Teknik Sipil dibidang Struktur

Pekerjaan yang berhubungan dengan struktur yaitu Pekerjaan Struktur Beton, mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan, selain itu pekerjaan Baja, Pekerjaan Kayu,dan sebaginya. baik yang digunakan pada Bangunan-bangunan Sipil seperti Jalan, Jembatan dll. juga bisa digunakan pada bangunan milik pribadi seperti Rumah dan sebagainya.

Pekerjaan Teknik Sipil di Bidang Manajemen Proyek.

Untuk Pekerjaan di Bidang Manajemen Proyek ini lebih bersifat umum, artinya setiap Pekerjaan Teknik Sipil itu pasti harus dibarengi dengan pekerjaan Manajemen Proyek. Contohnya. setiap pembuatan Jalan maka harus dibutuhkan perencanaan atau Manajemen Proyek jalan yang matang sehingga baik dari Segi Biaya, Waktu dan Mutu dari Pekerjaan Jalan tersebut bisa memenuhi standar yang diinginkan.

Mungkin itu saja yang saya tau tentang Jenis -Jenis Pekerjaan Teknik sipil. jika teman-teman mengetahui selain dari itu. mohon di bagikan infonya disini. atau jik apa yang saya sampaikan diatas menurut teman-teman Civil engginering itu salah, maka saya mohon koreksinya.

Tulisan tentang Jenis - jenis pekerjaan Teknik Sipil itu saya buat karena banyak teman-teman saya yang sering menanyakan. apa sih pekerjaan untuk Teknik Sipil ? nah dari pertanyaan-pertanyaan tersebutlah yang membuat saya beranggapan bahwa banyak orang diluar sana yang belum tau betul Tentang Teknik Sipil dan jenis Pekerjaan Teknik Sipil. Sehingga lewat kesempatan ini saya sedikit menjelaskan tentang Jenis Pekerjaan Teknik Sipil yang saya ketahui.

Sebetulnya Pekerjaan Teknik Sipil itu banyak yah, seperti yang sudah dibahas pada Lowongan Kerja Teknik Sipil sebelumnya. disini saya hanya membahasa Jenis Pekerjaan apa saja di Teknik Sipil sesuai bidang di Teknik Sipil.

Semoga Bermanfaat.
Salam Merah Hitam


Baca Selengkapnya ....
Share on :

Cara Mendapatkan Jurnal Teknik Sipil

Posted by Taufick Max 4 komentar

Cara Mendapatkan Jurnal Teknik Sipil 

Jurnal Teknik Sipil

Apa itu Jurnal Teknik Sipil

Jurnal Teknik Sipil merupakan sebuah karya Ilmiah hasil penelitian tentang Teknik Sipil untuk referensi penyelesaian masalah di Masyarakat atau lingkungan yang berhubungan dengan ketekniksipilan.

Cara Membuat Jurnal Teknik Sipil

Jurnal Teknik Sipil saat ini merupakan sebuah keharusan para akedemisi di Bidang Teknik Sipil untuk membuatnya. karena disamping untuk menambah pengetahuannya, membuat Jurnal juga bisa menunjukan kapasitasnya sebagai peneliti dengan demikian ada nilai tambah dari segi Poin sertifikasi.

Pada prinsipnya Jurnal Teknik Sipil merupakan merupakan sebuah kerya ilmiah yang dilakukan berdasakan penelitian baik melalui Studi pustaka ataupun penelitian langsung dilapangan. untuk itu Pembuatan Jurnal Teknik Sipil tidak jauh berbeda dengan pembuatan Skripsi Teknik Sipil atau Karya Ilmiah lainnya.

Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Jurnal Teknik Sipil yaitu Identifikasi Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Pembuatan Jurnal Teknik Sipil, Manfaat Jurnal Teknik Sipil dan Juga Metodologi yang dipakai dalam Penelitian untuk pembuatan Jurnal Teknik Sipil.

Cara mencari Jurnal Teknik Sipil

Untuk mencari Jurnal Teknik Sipil ada beberapa cara yang bisa anda lakukan yaitu melalui  :

scholar.google.co.id
Google Sholar atau di dalam bahasa indonesia Google Cendekia merupakan produk dari google yang memiliki layanan atau berfungsi sebagai mesin pencari Essay, Jurnal, Paper. ada bisa mengunjungi situ tersebut dan masukan Keyword Jurnal Teknik Sipil yang anda cari.


Academia.edu
academia meruapakan sebuah situs yang sering digunakan oleh para peneliti atau akademisi untuk mencari bahan atau referensi dalam pembuatan Jurnal Teknik Sipil mereka. yang harus anda lakukan untuk mendapatkan Jurnal Teknik Sipil disni adalah membuat Akun terlebih dahulu kemudian masuk ke halaman utama dan masukan kata kunci Jurnal Teknik Sipil yang anda cari.


oppapers.com
Sama Halnya dengan Acedimia, Situs Oppapers juga merupapakn situs yang menyediakan Jurnal Teknik Sipil namuan disini anda tidak bisa mendownloadnya. anda hanya bisa membacanya setelah membuat akunnya.


oxfordjurnal.org
Seperti dengan namanya Oxfordjurnal juga menyediakan Jurnal - jurnal secara gratis anda bisa mengunjunginya dan memasukan kata kunci bahasa ingris untuk Jurnal Teknik Sipil yang anda cari.
scribd.com
Di situs Scribd ini selain bisa mencari Jurnal Teknik Sipil anda juga bisa mencari Artikel Teknik Sipil dan Skripsi Teknik Sipil. untuk mendapatkan Jurnal Teknik Sipil secara gratis disini kemudian buatkan Akun di Scribd. nah aturan yang ada disini yaitu sebelum anda mendownload Jurnal Teknik Sipil anda harus mengupload Artikel atau Jurnal anda terlebih dahulu. semacam tukaran Artikel atau Jurnal.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat secara online yang bisa anda gunakan untuk mencari Jurnal Teknik Sipil. diantaranya di situs-situs universitas yang ada jurusan Teknik Sipilnya. anda tinggal mengetik kata kunci di Google search untuk mencari Situs Universitas tersebut. dengan kata kunci Jurnal Teknik Sipil dan nama Universitas yang anda maksudkan. Untuk sementara di Blog ini saya belum memposting Jurnal-Jurnal Teknik Sipil yang bisa anda Download secara gratis. namuan saya berencana jika sudah mengumpulkan Jurnal-jurnalnya saya bisa membagikan kepada teman-teman yang membutuhkan Jurnal Teknik Sipil.

Selain Jurnal Teknik Sipil saya Juga akan memposting Link Skripsi Teknik Sipil, untuk membantu teman-teman Teknik Sipil sebagai referensinya dalam Menyusun Skripsi Teknik Sipilnya.
Mungkin untuk sementara itu dulu tulisan saya Tentang Jurnal Teknik Sipil. Mohon komentar daa Masukannya jika ada yang salah, atau anda punya cara untuk mendapatkan Jurnal Teknik Sipil. dan Terima Kasih atas Kunjungan anda. dan jangan pernah bosan untuk berbagi di Kampus-Sipil ini. Semoga Bermanfaat.

Salam Merah- Hitam. Civil Enggenering.

Baca Selengkapnya ....
Share on :

Lowongan Kerja Teknik Sipil

Posted by Taufick Max 2 komentar

Mencari Lowongan Kerja Teknik Sipil

Lowongan Kerja Teknik Sipil
Dunia Ilmu Teknik Sipil saat ini sangat luas. dan Teknik Sipil sangat dibutuhkan dalam kehidupan ini. Apalagi perkembangan pembangunan yang semakin pesat maka tentu saja peranan seorang dengan Jurusan Teknik Sipil sangat penting.

Apa Saja Pekerjaan Untuk Lulusan Teknik Sipil

Lowongan Kerja Teknik Sipil Bidang Pembangunan Infrastruktur.

Untuk Lulusan Teknik Sipil Lowongan kerja di Bidang Infrasturuktur yaitu, Bisa menjadi di Perushana Jasa Konstruksi, atau sebagai  Kontraktor, KONSULTAN, atau Bagian Pengawasan

Lowongan Kerja Teknik Sipil Bidang Pemerintahan.

Untuk lulusan Teknik Sipil Lowongan Kerja di Bidang Pemerintahan yaitu Dinas PU, Dinas Tata kota, Kementrian ESDM, PMU-BINA Marga, Bapenas, Bapeda. dan masih banyak lagi.

Lowongan Kerja Teknik Sipil Bidang Industri Energi, Pertambangan dan Pengolahan.

Bisa Sebagai Manager and Chief Ewecutive Officer, Quality Assurance Manager, Quality Auditor, dan semua perusahan Properti, Perusahan Jasa Konstruksi, Pabrik Bahan Konstruksi, Perusahan Pertambangan. dan Masih banyak lagi.

 Lowongan Kerja Teknik Sipil Bidang Pendidikan.

Untuk lowongan kerja di Bidang Pendidikan Lulusan Teknik Sipil bisa bekerja sebagai Tenaga Pengajar, Peneliti. dan Lain-lain.

Lowongan Kerja Teknik Sipil di Bidang Non-Teknik

Bisa bekerja sebagai Perbankan, Asuransi,Notaris. dan lain sebagainya. Karena di Teknik Sipil itu hampir semua Disiplin Ilmu dipelajari Maka Lowongan Kerja Teknik Sipil itu sangat Luas sekali.

Bagaimana cara mencari lowongan Kerja Teknik Sipil

Bagi anda Lulusan Teknik Sipil yang mau mencari kerja sebenarnya itu bukan hal yang sulit. jika anda mempelajari dan menguasai semua Ilmu yang telah diajarkan.karena setiap hari banyak Instansi,Perusahan, bahkan Masyarakat Umum sangat membutuhkan Peranan dari Lulusan Teknik Sipil. anda bisa mendapatkan Informasi melalui Surat Kabar Harian, Website, atau melalui Jaringan Alumni kampus anda alias Dewan Senior Teknik Sipil. jika anda menguasai satu saja ilmu yang diajarkan maka Lowongan Kerja pasti selalu ada.

Persyaratan Untuk Lowongan Pekerjaan Teknik Sipil

Untuk mendapatkan Pekerjaan Teknik Sipil biasanya memiliki beberapa persyaratan diantaranya :
- Memiliki Pengalaman Kerja diuatamakan
- Menguasai Perhitungan
- Mampu mengoperasikan Komputer
- Menguasai Software Teknik Sipil. seperti, AutoCad, Sketchup,Sap2000, Etabs, dan Software dll
- Tekun dan bisa bekerja sama dengan baik.
- Dll tergantung Jenis Pekerjaan Teknik Sipil yang dibutuhkan yang sesuai dengan keinginan Perusahan.

Menciptakan Lowongan Kerja Teknik Sipil buat orang lain

Jika anda memiliki Ilmu Teknik Sipil dan kemudian dibarengi dengan Impian yang tinggi bukan tidak mungkin kalau anda sendir yang bisa menciptakan Lowongan Kerja bagi lulusan Teknik Sipil. dengan membuat satu perusahan Kontraktor baru,perusahan Jasa Konsultan, atau perusahan yang berhubungan dengan ketekniksipilan. dan rangkumlah para Lulusan Teknik Sipil untuk bekerja sama diPerusahan yang anda buat tersebut.

Demikianlah sekilas gambaran tentang Lowongan Kerja Teknik Sipil. Bagi anda lulusan Teknik Sipil dan ingin Mencari Kerja Teknik Sipil maka sebaiknya persiapkan diri untuk memenuhi persyaratan - persyaratan umum seperti yang disamapaikan diatas. Semoga tulisan ini bisa membantu anda bagi anda yang sedang Cari Pekerjaan Teknik Sipil. jika ada kata yang salah mohon koreksi dan komentarnya.



Baca Selengkapnya ....
Share on :

Syarat perancangan Beton SNI

Posted by Taufick Max 1 komentar

Syarat perancangan Beton Standar Nasional Indonesia

Perancangan Beton

Perancangan cara Inggris atau yang dikenal dengan metode Departemen Pekerjaan Umum yang tertuang dalam SK.SNI.T-15-1990-03 "Tata Cara Pembuatan Rencana Campuran Beton Normal" Merupakan Adopsi dari cara Departement of Environment (DoE), Building Research Establishment,Britain.

Kuat Tekan Rencana Beton (MPa)

Beton yang dirancang harus memenuhi persyaratan kuat tekan rata-rata, yang memenuhi syarat berdasarkan data deviasi standar hasil uji kuat tekan yang lalu (umur 28 hari) untuk kondisi dan jenis konstruksi yang sama. Persyaratan kuat tekan didasarkan pada hasil uji kubus berisi 150 mm, maka hasilnya harus dikonversi menggunakan persamaan :

f'c = [ 0.76 + 0.2 Log (f'ck/15) f'ck,

Dimana :
f'c    = Kuat tekan beton yang disyaratkan, MPa.
f'ck    = Kuat tekan beton, MPa, dari uji kubus beton bersisi 150 mm.

data kuat tekan sebagai dasar perancangan, dapat menggunakan hasil uji kurang dari 28 hari berdasarkan data rekaman yang lalu untuk kondisi pekerjaan yang sama dengan karakteristik lingkungan dan kondisi yang sama. Jika mengguanakan hal ini maka dalam perancangan harus disebutkan (dalam gambar atau dalam uraian lainnya), dan hasilnya dikonversi untuk umur 28 hari berdasarkan Tabel 8.16 (PB, 1989:16)

Umur Beton (hari)                3          7        14      21        28
--------------------------------------------------------------------
Semen Portland Tipe 1        0.46    0.70    0.88    0.96    1.00

Pemilihan Proporsi Campuran Beton

Rencana kekuatan beton didasarkan pada hubungan antara kuat tekan dengan faktor air semen. Pemilihan proporsi campuran beton harus memenuhi syarat atau ketentuan - ketentuan sebagai berikut :

- Untuk beton dengan kuat tekan f'c lebih dari 20 MPa, Proporsi campuran percobaan harus didasarkan pada campuran berat (weight batching), (PB,1989 : 17).

- Untuk Beton dengan kuat tekan f'c hingga 20 MPa proporsi campuran percobaan boleh didasarkan pada campuran volume (volume Batching- ASTM C.685). Penakaran volume harus didasarkan pada proporsi campuran dalam berat yang dikonversikan ke dalam volume berdasarkan berat satuan volume (bulking) dari masing - masing bahan (PB, 1989 : 17).

- Khusus untuk beton yang direncanakan mempunyai kekuatan sebesar 10 MPa, bila pertimbangan praktis dan kondisi setempat tidak memungkinkan pelaksanaan beton dengan mengikuti prosedur perancangan proporsi campuran (PB,1989:17), dapat digunakan perbandingan 1 PC : 2 agregat Halus : 3 Agregat kasar, dengan nilai slump beton tidak boleh melebihi 100 mm. Jika beton tersebut digunakan untuk struktur yang kedap air, dapat digunakan perbandingan 1PC : 1.5 agregat halus : 2.5 agregat kasar.

BAHAN CAMPURAN BETON

bahan yang digunakan dalam campuran harus memenuhi syarat standar yaitu :

- air harus memenuhi syarat yang berlaku, dalam hal ini tertuang dalam SK.SNI.S-04-1989-F tentang spesifiaksi air sebagai bahan bangunan. Air yang dapat diminum dapat langsung digunakan, jika tak memenihu syarat atau tak dapatdiminum, air yang digunakan harus memenuhi syarat uji perbandingan kekuatan tekan dengan menggunakan bahan air standar, minimal memenuhi syarat 90% kuat tekannya. perbandingan campuran dibuat dan di uji berdasarkan syarat uji ASTM C.109, " Test Methods for Compressive Strength of Hydraulic Cemen Mortars (using 50 mm cube Specimens).

- Semen harus memenuhi syarat SII-0013-81, tentang Mutu dan cara uji semen Portland atau SK.SNI.S-04-1989-F " Spesifikasi Bahan Perekat Hidrolis sebagai bahan bangunan.

- Agregat Halus memenuhi syarat SII-0052-80 tentang mutu dan cara uji agregat beton atau SK.SNI-S-04-1989-F, Spesifikasi agregat sebagai bahan bangunan.

- Bahan tambah yang digunakan harus memenuhi syarat SK.SNI.S-18-1990-03 Spesifikasi Bahan Tambah Untuk Beton Atau SK.SNI.S-19-1990-03 Jika menggunakan bahan tambah gelembung udara.
KLIK TOMBOL G+ jika anda Suka

Baca Selengkapnya ....
Share on :

Skripsi Teknik Sipil

Posted by Taufick Max Jumat, 18 Januari 2013 5 komentar

Cara Mudah membuat Skripsi Teknik Sipil

Apa itu Skripsi Teknik Sipil


Skripsi Teknik Sipil adalah tulisan ilmiah yang dibuat oleh seorang mahasiswa Teknik Sipil sebagai syarat penyelesaian studi progarm sarjananya. Skripsi Teknik Sipil ini sebagai bukti kemampuan akademik seorang mahasiswa jurusan teknik Sipil dalam penelitian.Skripsi Teknik Sipil disusun dan dipertahankan untuk mencapai gelar sarjana Teknik Sipil.

Skripsi menjadi salah satu pembeda antara jenjang pendidikan sarjana (S1) dan diploma (D3). Skripsi juga berbeda dengan tesis (S2), dan juga desertasi (S3). Untuk Desertasi Mahasiswa S3 diharuskan untuk menemukan dan menjelaskan teori baru. sementara untuk Tesis, Mahasiswa bisa menemukan teori baru atau memberkasi teori yang sudah ada dan menjelaskan dengan teori yang sudah ada.Namun untuk Mahasiswa S1, Skripsi yaitu merupakan belajar meneliti. jadi skripsi memang perlu untuk disisapkan secara serius. akan tetapi juga tidak perlu disikapi sebagai beban yang maha berat.

Sebenarnya untuk Mahasiswa Teknik Sipil, melakukan pekerjaan penyelesaian Skripsi itu bisa dianggap lebih mudah, dikarenakan Mahasiswa Teknik Sipil sudah terbiasa menjalankan dan membuat Tugas-tugas Besar untuk mata kuliah Jurusannya. selain itu banyak juga percobaan-percobaan yang sudah dilalui di dalam Laboratorium padapraktek di Lab. Jadi mekanisme pembuatan Skripsi Teknik Sipil mungkin akan lebih mudah bagi Mahasiswa Teknik Sipil. karena tahapan-tahapannya tidak terlalu jauh berbeda.

Tujuan Menulis Skripsi Teknik Sipil

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa Skripsi Teknik Sipil meruapakn syarat kelulusan di sebuah perguruan tinggi. Skripsi Teknik Sipil meruapakan hal yang wajib bagi para mahasiswa teknik Sipil dengan Tujuan agar mahasiswa Teknik Sipil dapat mengungkapkan pikirannya dengan sistematis. Ada dua unsur penting dalam pembuatan Skripsi teknik Sipil yaitu Menulis dan Meneliti. untuk dapat meneliti dibutuhkan pengetahuan baik metodologi maupun subtansi penelitian, sedangkan untuk membuat tulisan yang mengahsilkan laporan penelitian dibutuhakn ketrampilan menulis dan pada dasarnya tulisan yang ilmiah berguna untuk mengkomunikasikan hasil penelitian dilingkungan civitas akademika. melalui komunikasi itu, terbuka peluang untuk mengadakan koreksi dan pengjuian secara terbuka terhadap suatu tuisan ilmiah.

Memilih Judul yang Tepat untuk Skripsi Teknik Sipil


Sebagian Besar Mahasiswa menganggap bahwa menulis skripsi merupakan pekerjaan yang sangat berat. Namun, Bila kita mengikuti aturan - aturan sederhananya anda dapat menulis skripsi tanpa kesulitan yang berarti. tentu ada langkah utama yang perlu kita perhatikan sebelum menulis skripsi Teknik Sipil yakni penentuan masalah yang kemudian kita turunkan menjadi Judul Skripsi Teknik Sipil. ketika kita sudah menemukan masalah yang berhubungan dengan ketekniksipilan, maka apakah masalah itu langsung kita jadikan Judul Skripsi Teknik Sipil kita sebagai landasan penelitian ? tentu kita harus mempertimbangkannya dulu. jadi yang perlu dipertimbangkan yakni :

Pertama : Apakah Judul Skripsi yang ingin kita jadikan penelitian itu berhubungan dengan cita-cita kita kedepan. Kita ketahuai didalam Teknik Sipil memiliki berbagai macam Sub-Jurusan, ada Transportasi, Struktur,Keairan,Kesehatan Lingkungan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Manajemen Konstruksi, Dsb. dan semua Sub Jurusan itu juga terbagi secara spesifik Ilmunya. kita ambil Contoh Jika teman-teman dari Jurusan Struktur maka Ilmu yang dipelajari tentu sangat beragam, Apakah itu tentang Material Struktur seperti Beton,Baja,Kayu Dll. atau Ilmu analisisnya. dan masing Ilmu tersebut memiliki banyak persoalan yang terjadi dalam kehidupan sosial dimana peranan kita sebagai seorang Sarjana Teknik Sipil bisa mencari Sebuah Solusi. dan tentu saja Solusinya dalam bentuk penelitian didalam Skripsi Teknik Sipil tersebut.Sehingga setiap permasalahan yang kita temukan harus kita pertimbangkan mana yang bisa kita jadikan sebagai Judul penelitian Skripsi Teknik Sipil kita.

Kedua : Sebelum memilih Judul dari persoalan yang kita temukan sebaiknya memilih judul yang kita kuasai dan senangi. jika kita telah menguasai bidang yang kita jadikan sebagai bahan penelitian maka kita bisa dengan mudah mencari jalan keluarnya ketika mendapatkan kendala.

Ketiga : Setiap Judul yang telah kita tentukan kita harus konsisten untuk menjalankannya dan jangan pernah mengganti tema yang mau kita jadikan sebagai Bahan Penelitian kita.

Keempat : Tentu saja Judul Skripsi yang kita Usulkan belum pernah atau tidak sedang dikerjakan orang lain.

Kelima : Tentukanlah Judul yang penelitiannya tidak membutuhkan biaya yang mahal. yah sesuaikanlah dengan keuangan kita.

Judul merupakan Hakikat dari suatu penelitian, judul akan memberikan gambaran bagimana penelitian itu kita lakukan. Setidaknya ketika kita menentuka sebuh judul kita sudah bisa memahami Masalah,Variabelnya,Obyek yang diteliti, serta desain penelitian yang digunakan. sehingga judul Penelitian Skripsi Teknik Sipil yang kita kerjakan mampu memberikan ungkapan - ungkapan terhadap suatu masalah yang akan dibahas dan dipecahkan dalam penelitian.

Kiat Memilih Dosen Pembimbing

Nah, Dosen yang membimbing kita dalam mengerjakan penelitian Skripsi Teknik Sipil juga sangat menentukan nasib penelitian yang kita lakukan. namanya pembimbing sudah pasti tugasnya adalah membimbing dan mendampingi selama Masiswanya dalam proses penulisan Skripsi Teknik Sipilnya. akan tetapi dalam kenyataannya ada Dosen yang membimbing kita secara Instens dan adapula yang melepas dan memberikan kebebasan kepada kita. Menyesuaikan diri dengan dosen pembimbing merupakan hal penting untuk mendukung kesuksesan kita dalam menyusun Skripsi Teknik Sipil. Biasanya sudah ada kebijakan Jurusan sudah dalam penentuan Dosen Pembimbing kita. jika demikian maka kita harus bersyukur jika dosen yang membimbing kita adalah Dosen yang tidak sibuk. namun jika Dosennya sibuk maka kita perlu menyesuaikannya.

Mencari Ide penelitian untuk Skripsi Teknik Sipil

Kadang ada mahasiswa Teknik Sipil yang bingung apa Ide penelitiannya. memang diakui mencari permasalahan yang tepat untuk kita jadikan penelitian Skripsi Teknik Sipil itu tidak mudah. walau sebenarnya banyak masalah Keteknik Sipil yang kita hadapi sehari-hari sesuai dengan Disiplin keilmuan ketekniksipilan kita. untuk itu jika kita sudah merencanakan dari awal sebelum mengambil Skripsi maka tentu saja akan sangat membantu. namuan jika tidak maka kita harus melakukan hal yang seperti di bahas sebelumnya yaitu bagimana menentukan Judul. pertama -tama kita mengklasifikasikan dulu tentang Tema - tema apa yang kita suka,atau Mata Kuliah apa yang kita senangi.

Misalnya jika saya suka dengan Mata Kuliah Beton, maka tentu saja sudah ada banyak gambaran tentang beton yang saya ketahui, Baik Bahan -Bahan Penyusunnya, Kekuatan Strukturnya, Jenis - jenisnya, Fungsinya, dan dipakai dalam hal apa saja. setelah kita mengklasifikasikan dalam bentuk seperti itu, kemudian kita telusuri lagi apa yang paling kita senangi atau tertarik untuk diteliti. semakin spesifik Ide yang kita dapatkan maka semakin mudah kita dalam mengerjakan Skripsi Teknik Sipil tersebut.

Cara mudah Menyusun Proposal Skripsi Teknik Sipil

Setelah kita memiliki sebuah gagasasan dan menentukan topik yang mau kita jadikan sebagai objek penelitian. maka langkah selanjutnya adalah Menulis Proposal. Mengajukan Proposal berarti kita ingin menawarkan gagasan kita, ide kita, pemikiran kita kepada Pihak Jurusan Teknik sipil untuk dijadikan sebagai bahan Penelitian Skripsi Teknik Sipil sebagai suatu syarat kelulusan.

Pentingnya Proposal yaitu kita bisa mengetahui secara jelas dari Judul atau topik yang mau kita teliti, dengan Membuat proposal berarti kita menjelaskan tentang Latar Belakang Permasalahan, Tujuan kita melakukan Penelitian, dan manfaat apa yang bisa didapatkan dari hasil penelitian itu. pada prinsipnya dalam menulis proposal Skripsi Teknik Sipil ada beberapa hal yang sangat penting yang dimasukan dalam proposal yaitu :

- JUDUL yang Efektif
- Menulis Latar belakang Masalah yang tepat
- Merumuskan masalah secara cermat
- Membuat batasan masalah dari objek yang kita teliti
- Mengetahui dan memahami Landasan Teori sebagai patokan penelitian kita.
- Dasar tujuan kita melakukan penelitian tersebut.
- Manfaaf apa yang bisa diperoleh dari penelitian yang kita lakukan.
- Mencari refernsi tentang penelitian sebelumnya yang berkaitan atau Kajian Pustaka
- Bisa memilih dan menetapkan populasi serta sampel penelitian
- Mengetahui Variabel - variabel yang di jadikan sebagai objek penelitian
- Pemilihan hal - hal pendukung yang bisa dipakai dalam penelitian.
- Memilih Metode Penelitian apa yang tepat untuk diguanakan.
- Membuat Sistematika yang jelas tentang Laporan Penelitian.

Langkah Penelitian Skripsi Teknik Sipil

Sebelum melakukan penelitian dan saat melakukan penelitian tentu harus ada langkah - langkah atau tahapan yang harus kita pahami dan lakukan. yaitu :

Pertama : Mengidentifikasi Masalah yang mau di Teliti

Tahapan pertama ini dikenal dengan tahapan Pra -Penelitian. terkadang kita berusaha untuk mencari judul dan bukannya mencari permasalahan, dan setelah judul ditemukan kita bahkan bingung dengan permasalahan apa yang diangkat dari judul tersebut. padahal kan seperti dibahas diatas, judul diambil berdasarkan permasalahan yang kita temukan di lapangan. tahapan identifikasi masalah ini yaitu berisi tentang kajian masalah yang relevan dengan ruang lingkup dan kedalaman masalah serta variabel yang akan diteliti. berdasarkan identifikasi masalah maka peneliti mampu menemukan faktor - faktor apa saja yang mempengaruhi variasi variabel yang menjadi fokus kajian.

Kedua : Studi Kelayakan

Perlu diperhatikan dalam menentukan penelitan adalah faktor researhable. permasalahan yang researchable patut untuk diteliti. topik penelitian sebaiknya sesuai dengan disiplin Ilmu Teknik Sipil yang kita kuasai. maka dari itu penentuan permasalahan sangatlah penting.

Ketiga : Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah menjelaskan secara garis besar cakupan, arah, dan konteks penelitian. latar belakang membingkai seluruh penelitian sebagai pengantar para pembaca untuk memasuki pokok tinjauan penelitian kita.

Keempat : Merumuskan Masalah


Setelah semua masalah telah diidentifikasi maka selanjutnya adalah merumuskan masalah. masalah pada hakekatnya merupakan suatu keadaan yang menunjukan adanya kesenjangan antara rencana dengan pelaksanaan, antara harapan dan kenyataan, antara teori dan fakta. masalah yang ada pada lingkungan individu maupun masyarakat muncul sebagai akibat dari suatu proses.

Kelima : Pembatasan Masalah

Pembatasan masalah disebut juga ruang lingkup. dengan pembatasan masalah seorang mahasiswa Teknik Sipil berusaha menentukan fokus dan tujuan penelitian, dilanjutkan dengan penyusunan hipotesis jika dimungkinkan.

Keenam : Kajian Pustaka

Dalam melakukan penelitian, seorang peneliti melakukan serangkaian kegiatan bertahap. salah satu kegiatan yang dulalui adalah pengkajian bahan - bahan tertulis dari sumber-sumber kepustakaan, kemudian menggunakannya sebagai acuan untuk penelitiannya.

Ketujuh : Merumuskan Hipotesis

Hipotesis adalah suatu dugaan sementara tentang suatu fenomena tertentu yang akan diselidiki, formulasinya disesuaikan dengan tujuan penelitian.

Kedelapan : Mengumpulkan data

Pengumpulan data merupakan kegiatan peneliti untuk memperoleh data atau informasi guna menunjang kegiatan penelitian yang dilakukan. setiap kegiatan penelitian yang dilakukan selalu mengupayakan diperolehnya data yang sesuai (Valid) dan terpercaya (Reliable). Data penelitian merupakan semua informasi yang diperlukan untuk memecahkan masalah penelitian.

Kesembilan : Menganalisa dan Menginterpretasi Data

Data yang telah terkumpul disusun dalam bentuk tabel atau grafik supaya memudahkan analisa selanjutnya. setelah dianalisa maka dat diberikan tafsir penjelasannya

Kesepuluh : Generalisasi dan Kesimpulan

Setalah dilakukan interpretasi. selanjutnya Peneliti membuat generalisasi. atas dasar interpretasi yang dilanjutkan dengan generalisasi inilah peneliti akan menarik kesimpulan untuk memecahkan masalah penelitian.

Kesebelas : Pelaporan hasil Penelitian / Ujian Skripsi

Setalah semua hasil kerja penelitian dilaksanakan maka selanjutnya dibuat laporan secara tertulis sesuai dengan penulisan yang ditentukan. kemudian akan dikaji untuk diputuskan apakah perlu diubah, diterima atau ditolak sebagai tulisan ilmiah.


Demikianlah gambaran tentang Cara Penulisan Skripsi Teknik Sipil. jika ada yang kurang mohon di tambahkan. semoga bermanfaat bagi kita semua.

Salam. Para Civil Engginering.


Baca Selengkapnya ....
Share on :

Materi Populer